wk-media.com – Energy and Mining Editor Society (E2S), paguyuban para editor dan wartawan senior media nasional yang berkhidmat di sektor energi dan sumber daya mineral, menggelar E2S Award 2023.

Chief Executive Officer (CEO), Corporate Secretary, Spokesperson, dan CSR-CID Manager perusahaan di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral Terbaik diberikan penghargaan atas prestasi dan dedikasi di bidangnya masing-masing. Selain itu, sejumlah perusahaan juga diberikan penghargaan atas Program Inovasi Sosial yang dinilai terbaik.

Dudi Rahman, Chairman E2S, mengucapkan terima kasih kepada semua penerima penghargaan E2S Award 2023. Para peraih E2S Award adalah pemimpin dan pelaku yang telah berdedikasi untuk mengembangkan sektor ESDM di Indonesia.

“Upaya keras dan inovasi pemimpin puncak dan profesional persembahkan, telah membantu menciptakan perubahan positif yang berdampak jangka panjang, tidak hanya bagi perusahaan, tetapi juga bagi ekonomi dan masyarakat kita,” ujar Dudi saat memberikan sambutan pada E2S Award E2S Award 2023 dan diskusi bertema “Transisi Energi di Indonesia: Perspektif dan Peluang Bagi Pengelolaan Sektor ESDM yang Berkadilan” ditulis Senin (15/1/2024).

Hadir dalam acara tersebut Sekjen Kementerian ESDM Dadan Kusdiana, para CEO, corporate secretary, spokeperson dan manajer CSR Perusahaan serta para editor.

Dudi mengatakan, E2S Award digelar untuk kali ketiga. Penganugerahan ini adalah apresiasi dari para editor atas pencapaian luar biasa perusahaan-perusahaan dan individu yang telah memimpin dalam hal inovasi, tata kelola sumber daya alam dan lingkungan, serta transformasi sektor ESDM di Indonesia.

“Anugerah E2S adalah simbol pengakuan atas kerja keras, visi, dan komitmen Anda semua dalam membangun masa depan yang berkelanjutan untuk negara kita,” jelas dia.

Para penerima penghargaan, lanjut Dudi, mewakili tonggak prestasi dalam berbagai aspek sektor ESDM. Dari pengembangan teknologi terbarukan hingga praktik tata kelola yang berkesinambungan, dari upaya konservasi lingkungan hingga kontribusi pada ekonomi nasional, setiap penerima penghargaan telah berperan penting dalam mewujudkan perubahan positif.

Namun, Dudi menambahkan, anugerah E2S juga adalah pengingat bahwa perjalanan menuju keberlanjutan dan keadilan di sektor ESDM masih jauh dari selesai.

“Hari ini, kita merayakan pencapaian dan mengakui bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Ini adalah undangan untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan berkomitmen untuk menjadikan sektor ESDM di Indonesia sebagai yang terbaik di level regional,” katanya.

Lili Hermawan, Ketua Dewan Juri E2S Award, mengatakan peraih E2S Award 2023 telah melewati proses, tahapan seleksi dan memenuhi kriteria-kriteria khusus.

“Namun, memang kami tidak mengundang pejabat, korporasi, BOD atau person tertentu untuk melakukan pendaftaran, presentasi atau wawancara khusus,” kata Lili.

Menurut dia, pemilihan peraih E2S Award dilaksanakan melalui sejumlah tahapan. Pertama, pemantauan pemberitaan selama setahun penuh. Hal ini dilakukan oleh para editor untuk menjaring sejumlah kandidat dari sektor migas, listrik, minerba dan jasa tambang sehingga dihasilkan sebuah daftar panjang para calon peraih penghargaan.

Pengusulan atau penjaringan kandidat peraih penghargaan oleh editor didasarkan pada kriteria tujuh kriteria, yakni pencapaian kinerja di Laporan Tahunan (Annual Report) dan Laporan Keberlanjutan (Sustainbalility Report) Perusahaan.

Selain itu, siaran pers tentang kinerja dan aksi korporasi perusahaan, terutama yang terkait dengan isu transisi energi dan green energy dan frekuensi kemunculan dalam pemberitaan media, serta penghargaan dari sejumlah lembaga nasional dan internasional.

Dewan juri juga melakukan pemantauan lapangan saat media visit dan hasil PROPER 2023 dari Proving League acara tahunan E2S yang terkait dengan program inovasi sosial dari perusahaan kandidat Proper Emas sebelum pelaksanaan acara PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Tahap kedua, kata Lili, adalah memerpendek daftar tersebut melalui proses nominasi yang didasarkan pada penyebaran angket kepada para editor yang dilakukan pada Kuartal IV-2023. Angket tersebut kemudian diolah atau dikaji oleh panel Dewan Juri yang terdiri dari editor senior.

Panel Dewan Juri kemudian menetapkan daftar para calon peraih penghargaan E2S Award 2023 berdasarkan kategori tertentu yakni: CEO Terbaik, Corporate Secretary Terbaik, Spokesperson Terbaik, CSR-CID Manager Terbaik, dan Porgram Inovasi Sosial Terbaik.

Pada tahap ketiga dilakukan assurance atau quality control. Dewan Juri mendiskusikan daftar calon peraih penghargaan dengan beberapa pakar dan akademisi dan melakukan pengamatan terkait isu-isu yang berkembang di sektor ESDM yang mungkin terkait dengan penerima E2S Award 2023.

“Dengan demikian, penghargaan akan dapat diterima di tangan yang tepat,” kata Lili.

Dadan Kusdiana, Sekjen Kementerian ESDM, dalam sambutannya mengapresiasi pemberian penghargaan bagi pimpinan puncak dan professional terpilih. Dia berharap, hal positif dari perusahaan penerima E2S Award bisa menjadi lesson learned bagi perusahaan lain.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *