wk-media.com – Tahukah kamu kalau mutasi rekening itu penting banget, lho! Nggak cuma buat catatan keuangan, tapi juga untuk berbagai keperluan lainnya. Tapi, ada kalanya kamu harus bisa menunjukkan mutasi rekening juga dalam bentuk rekening koran.

Eits, jangan kepeleset, mutasi rekening sama rekening koran itu berbeda lho. Mutasi rekening adalah catatan riwayat transaksi yang dilakukan menggunakan rekening tersebut. Nah, Mutasi rekening bisa berupa aliran dana masuk maupun keluar.

Lain halnya dengan rekening koran. Ini merupakan dokumen resmi yang dirilis oleh bank. Isinya yakni daftar transaksi yang dilakukan pada rekening nasabah dalam periode tertentu. Rekening koran bisa dikirimkan atau diunduh oleh nasabah.

Ada beberapa situasi yang bikin kamu harus bisa menyiapkan mutasi rekening atau dalam bentuk dokumen rekening koran. Contohnya, bagi kamu yang suka berbelanja di luar negeri, pastinya butuh pengajuan VISA untuk imigrasi.

Dalam hal ini, rekening koran saat pengajuan VISA dibutuhkan sebagai bukti bahwa kamu berada dalam kondisi finansial yang terjamin selama berada di negara tujuan.

Pun demikian saat kamu hendak mengajukan pinjaman atau kredit. Pasti kamu juga dimintai rekening koran terbaru. Kebanyakan lembaga keuangan bakal meminta rekening koran sebagai syarat wajib untuk pengajuan peminjaman.

Nggak cuma itu, rekening koran juga menjadi syarat untuk indikator yang memastikan finansial debitur pada kategori sehat dan mampu melunasi kredit. Alhasil, kreditur tak ragu untuk memberikan pinjaman dan terhindari dari kredit macet.

Di situasi lain, rekening koran juga bisa diminta saat kamu berurusan dengan hukum. Betapa tidak, rekening koran di mata hukum juga dianggap sebagai bukti sah dari seluruh transaksi keuangan yang terjadi.

Mutasi rekening juga penting bagi kamu yang hendak mengelola keuangan dengan detail. Setiap transaksi akan termuat dalam laporan mutasi. Kamu bisa mengecek setiap uang masuk dan keluar dari rekening. Semuanya tercatat dalam laporan mutasi rekening.

Sebagai bentuk layanan untuk memberikan ruang bagi nasabah sehingga lebih bijak dalam mengelola keuangan, BRI menghadirkan fitur khusus dalam aplikasi BRImo, yakni berupa Personal Financial Management (PFM).

Apa sih PFM itu? Ini merupakan fitur yang dapat membantu nasabah dalam mendapatkan informasi jumlah pemasukan dan pengeluaran yang bisa tercatat selama bertransaksi menggunakan seluruh e-channel BRI. Semua aktivitas transaksi nasabah dalam kurun waktu tertentu, bakal terekam dalam fitur mutasi rekening di aplikasi BRImo.

Selain itu, pengguna juga bisa mencatat tambahan pengeluaran dan pemasukkan lain di luar akun BRI secara manual.

Nggak tanggung-tanggung, BRImo bisa memberikan keleluasaan bagi nasabah untuk mendapatkan aktivitas mutasi rekening selama lima tahun terakhir tanpa alur dan birokrasi yang bikin ribet. Bagaimana caranya?

Cara Download Mutasi Rekening di BRImo

Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara untuk download mutasi rekening nasabah melalui BRImo:

  1. Klik fitur mutasi (di homescreen bagian bawah)
  2. kemudian pilih tab “e-Statement
  3. Klik “Buat e-Statement” untuk memulai
  4. Isi form berupa nomor rekening yang akan diunduh mutasinya serta pilih rentang waktu dan tipe dokumen (PDF/CSV). Kemudian klik “Buat e-Statement” untuk melanjutkan proses berikutnya.
  5. Muncul pemberitahuan bahwa e-Statement sedang diproses
  6. Tunggu sampai status berubah menjadi hijau dan tertera tulisan berhasil
  7. Bila status request sudah berhasil, maka akan muncul push notifikasi dan estatement juga dikirimkan melalui email atau nasabah juga dapat melakukan unduh melalui aplikasi BRImo dengan menekan tombol “Unduh”

Manfaatkan baik-baik rekening koran atau laporan mutasi rekening kamu, baik untuk pengelolaan keuangan, pengajuan VISA juga pinjaman. Dengan fitur mutasi rekening BRImo, kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih mudah dan praktis. 

Kalau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait fitur mutasi rekening BRImo, kamu bisa simak di sini. Segera download BRImo melalui App Store, Play Store dan Huawei AppGallery sekarang juga untuk kemudahan dalam bertransaksi.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *