Memiliki self defense agar tidak diganggu orang lain memang penting. Tapi kalau akhirnya anak terlalu galak pada orang lain hingga mengganggu pola sosialisasinya, ini yang menjadi masalah. Bagi Anda yang merasa anak sudah terlalu galak pada orang lain, cari tahu segera cara atasi anak galak bagaimana.

Anak yang berperilaku galak kepada orang lain juga tidak terjadi begitu saja melainkan ada pemicu atau penyebabnya. Jadi, mari kita bahas pada kesempatan kali ini tentang apa saja pemicu atau penyebab anak galak pada orang lain dan cara mengatasinya. Cek bersama – sama yuk!

Penyebab Anak Galak Kepada Orang Lain

Cara Atasi Anak Galak Kepada Orang Lain

Sebelum membahas cara atasi anak galak kepada orang lain seperti apa, pertama kita akan cari tahu dulu penyebab anak menjadi pribadi yang galak itu apa sih?

Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu atau penyebab anak galak kepada orang lain, di antaranya :

  • Lingkungan yang memberi contoh untuk bersikap galak
  • Anak masih kesulitan untuk bersosialisasi dan berkomunikasi dengan orang lain, termasuk kesulitan menyampaikan keinginan atau maksudnya.
  • Menemui orang baru. Beberapa anak memang ada yang merasa tidak nyaman ketika bertemu orang baru sehingga menjadikannya bersikap galak. Faktor ini dapat diubah dengan pendekatan dan latihan terus menerus.
  • Memiliki gangguan sensorik, misalkan pada anak yang menderita autisme.
  • Sedang merasa kecewa
  • Tantrum

Anak yang bersikap galak dapat menyebabkan beberapa dampak atau akibat seperti :

  • Kehilangan teman atau tidak dapat menemukan teman
  • Tidak mampu beradaptasi dan bersosialisasi, padahal dua kemampuan tersebut sangat penting dimiliki.
  • Kesulitan berkomunikasi dan menyampaikan maksud kepada orang lain.
  • Dan masih banyak lagi dampak lainnya.

Oleh sebab itu, anak yang bersikap galak kepada orang lain perlu segera diatasi. Cara atasi anak galak kepada orang lain seperti apa?

Cara Atasi Anak Galak Kepada Orang Lain

1. Tenangkan anak

Cara pertama yang perlu dilakukan untuk mengatasi anak yang bersikap galak kepada orang lain bahkan mengeluarkan kata – kata kasar adalah dengan menenangkan anak. Ajak ia menjauh atau menghindar dari keramaian.

Setelah menemukan tempat yang tenang, buat dia tenang. Tanyakan alasannya mengapa bersikap seperti itu. Berikan penjelasan, bimbingan, dan arahan.

2. Dengarkan keluh kesahnya

Anak juga bisa saja galak Ketika ia merasa ingin menyampaikan sesuatu tetapi tidak tahu cara menyampaikannya seperti apa. Ketika hal tersebut terjadi, mulailah bertanya tentang bagaimana perasaannya, apa yang dia inginkan, apa yang menjadi kebutuhannya, dan apa yang ingin dia harapkan dari orang tuanya atau dari orang di sekitarnya.

Tunggu sampai anak mau berbicara. Biasanya Ketika ditanya, anak akan mencari cara untuk menyampaikan keluh kesahnya pada orang tua. Jadi pancing terus supaya ia mau berbicara. Setelah Anda tahu mengapa dia seperti itu, akan mudah nanti mencari solusinya.

Beri tahu juga pada anak bahwa marah dan bersikap galak kepada orang lain bukan solusi untuk mewujudkan apa yang ia mau atau inginkan. Dengan begitu anak akan mengerti bahwa sikapnya tersebut salah dan perlu diperbaiki.

3. Perkuat nilai positif di dalam keluarga

Cari waktu yang pas untuk berbicara dengan anak. Gunakan kesempatan dan momen tersebut untuk mulai mendiskusikan tentang nilai – nilai sosial yang harus dilakukan seperti apa, bagaimana harus bersikap ketika berhadapan dengan orang lain, bagaimana menyelesaikan masalah, dan sebagainya.

Orang tua juga bisa menyampaikan penguatan nilai sosial, agama dan moral di dalam keluarga dengan pengandaian atau menghubungkannya dengan tokoh karakter favorit yang disukai anak.

4. Jalin komunikasi yang baik

Komunikasi memang kunci segala hal bisa berjalan secara terarah. Jadi pastikan ciptakan komunikasi yang memadai kepada anak. Orang tua harus mulai memikirkan banyak hal dalam tumbuh kembang anak.

Bukan hanya soal nutrisi saja tapi juga tentang komunikasi. Ajari anak untuk menyampaikan isi hati dengan bijak dan baik. Informasikan juga bahwa bersikap galak bukan solusi atas segala sesuatu.

5. Jadilah contoh yang baik

Bagaimana anak bisa bersikap baik dan tidak galak kepada orang lain kalau orang tuanya saja galak dan memberi contoh yang kurang baik?

Jadi, kalau Anda ingin anak Anda bersikap baik dan tidak galak pada orang lain, maka Anda sebagai orang tua harus memberi contoh seperti itu. Bersikaplah ramah, dan mulailah meminta bantuan dengan tenang dan dengan kalimat permintaan tolong yang sopan.

Jika ada hal yang diinginkan, sampaikan maksud Anda secara jelas bukan dengan marah – marah, dari sana anak akan mendapatkan contoh bersikap baik dari orang tuanya.

Demikian cara atasi anak galak kepada orang lain yang bisa dilakukan orang tua. Semoga informasi yang kami bagikan di atas mudah dipahami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *