Ada banyak hal potensial yang bisa terjadi ketika anak sudah mengenal HP baik itu positif dan juga negatif. Karena itu cara mendidik anak saat sudah kenal HP sangat perlu dipahami orang tua.

Dengan memahami cara pembatasan penggunaan gawai pada anak, orang tua dapat menghindarkan anak dari bahaya kecanduan.

Seperti apa cara yang tepat mendidik anak saat sudah kenal HP? Berikut informasi lengkap dan bermanfaat yang kami dapat bagikan untuk Anda!

Cara Mendidik Anak Saat Sudah Kenal HP

1. Mendisiplinkan penggunaan gadget dengan membuat aturan

cara mendidik anak saat sudah kenal HP

Cara mendidik anak saat sudah kenal HP yang pertama bisa dilakukan adalah membuat aturan tentang penggunaan gadget. Aturan tersebut harus dipatuhi semua anggota keluarga termasuk ayah dan bunda.

Hal tersebut penting untuk mengenalkan anak terhadap batasan dan untuk memberikan anak contoh bahwa bunda dan ayah tidak hanya membuat aturan saja tapi juga turut serta melaksanakannya.

Aturan tentang pendisiplinan ini bisa disesuaikan juga dengan pola asuh Anda. Misalkan anak bisa bermain gadget ketika berkumpul dengan keluarga atau menjelang tidur saja. Selebihnya ia harus beraktivitas secara normal dan tidak boleh terlalu terikat dengan gadget.

Jika bunda atau ayah bekerja dengan menggunakan gadget, berikan informasi kepada anak bahwa bunda atau ayah tidak sedang main HP melainkan sedang bekerja untuk mendapatkan uang. Dengan demikian anak akan mengerti posisi ayah bunda.

2. Hindari menjadikan gadget atau HP sebagai ‘solusi agar anak tidak rewel’

“Jangan rewel, nih HP-nya!”

“Aduh, aduh, stop nangisnya ya sayang, yuk nonton Upin Ipin di HP aja yuk!”

“Sudah jangan nangis, ini main HP lagi aja!”

Kalimat – kalimat pamungkas seperti contoh di atas memang efektif untuk membuat anak diam dan berhenti menangis, tapi untuk jangka panjang sangat tidak baik.

Jangan menjadikan HP senjata agar anak tidak nangis atau rewel karena ke depan kalau anak ingin main HP maka senjata yang juga ia gunakan agar dituruti adalah dengan rewel atau menangis.

Kalau sudah begitu, bunda dan ayah tidak akan kuasa untuk menolak anak yang merengek dan rewel minta main HP karena sudah membiasakannya. Jadi jangan pernah mengatakan kata – kata pamungkas itu ya moms!

Dikutip dari American Academy of Pediatrics, disarankan agar orang tua membantu anak mengenali dan mengatasinya emosinya sendiri. Anak perlu tahu bagaimana cara menenangkan diri, menyalurkan emosi ketika sedang senang, marah, atau sedih, dan mengatasi rasa bosannya dengan cara positif.

Hal tersebut sangat penting untuk membentuk kepribadian positif dalam diri anak dan mencegahnya melakukan hal – hal yang tidak baik.

3. Membatasi waktu screen time anak

Screen time merupakan waktu yang dipakai seseorang untuk berinteraksi dengan layar televisi, ponsel, video game, atau bahkan HP.

Untuk anak, ada baiknya screen time dibatasi tidak lebih dari 2 jam setiap hari. Alasannya simpel karena semakin banyak waktu anak menatap layar maka peluangnya untuk mendapatkan informasi yang tidak sesuai dengan usianya akan semakin besar juga.

Selain itu, menatap layar terlalu lama juga dapat membuat kesehatan mata anak menjadi terganggu. Karena itu pembatasan adalah hal yang sangat penting dilakukan.

4. Seimbangkan waktu bermain di dunia nyata dan maya

cara mendidik anak saat sudah kenal HP cara mendidik anak saat sudah kenal HP

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, cara mendidik anak saat sudah kenal HP di era digital saat ini adalah menjaga keseimbangan antara dunia maya dan dunia nyata karena dunia maya sudah tak lagi dapat terhindarkan.

Jadi mengenalkan dunia maya seperti penggunaan HP boleh, hal tersebut juga menjadi bagian edukasi kepada anak. Namun harus diseimbangkan dengan aktivitas di dunia nyata. Selain itu, anak juga sudah harus diberi pemahaman tentang fungsi dan bahayanya.

5. Melakukan pendampingan ketika anak bermain HP

Mendampingi aktivitas anak dengan HP menjadi solusi jitu mendidik anak ketika sudah kenal dan bahkan mengoperasikan HP. Dengan melakukan pendampingan, orang tua juga tahu apa saja sumber, aplikasi, atau situs yang ditonton anak.

6. Komunikasikan segalanya dengan anak

Komunikasi menjadi kunci hubungan antara orang tua dan anak. Karena itu ajarkan anak cara bercerita kepada orang tua, cara melapor ketika terjadi hal yang kurang ia suka, dan cara menginformasikan perasaannya.

Jika Anda ingin mendapatkan insight tentang cara efektif berkomunikasi dengan anak, baca : Cara Membangun Komunikasi dengan Anak yang Baik Untuk Tumbuh Kembangnya

7. Berikan edukasi

cara mendidik anak [republika]cara mendidik anak [republika]

Edukasi merupakan hal vital yang sangat penting dilakukan orang tua untuk memberikan pemahaman kepada anak tentang apa yang penting, apa yang tidak penting, apa yang boleh dilakukan, dan apa yang tidak boleh dilakukan dengan gadgetnya.

Orang tua bisa memberikan edukasi di sela – sela waktu penggunaan HP atau ketika sedang ada waktu khusus ngobrol bersama anak.

Cara ini sangat ampuh bukan hanya untuk mendekatkan diri dengan anak, melainkan juga menginformasikan hal – hal penting supaya anak bisa secara refleks memberikan batasan terhadap dirinya sendiri dalam segala hal.

Demikian cara mendidik anak saat sudah kenal HP yang perlu diketahui. Semoga informasi yang kami dapat berikan di atas menjadi informasi yang inspiratif dan membawa manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *