Ibarat kertas, anak bisa tumbuh dengan coretan – coretan sesuai apa yang dilukiskan oleh orang tua, guru dan orang – orang di sekitarnya. Terlebih karena anak merupakan seorang peniru yang handal. Karena itu orang tua harus memastikan cara mendidik anak usia 4 tahun yang tepat jika ingin anak tumbuh dengan kepribadian yang baik.

Lantas, bagaimana cara mendidik anak usia 4 tahun yang tepat dan bisa dilakukan? Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi lengkapnya untuk Anda. Let’s check these out!

Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun Agar Berperilaku Baik

Cara Mendidik Anak Usia 4 Tahun

1. Beri kasih sayang cukup

Kasih sayang merupakan kebutuhan utama anak selain asupan makanan bergizi. Karena itu berikan kasih sayang cukup sebagai asupan terbaik untuk anak di masa tumbuh kembangnya.

Bahkan ketika sibuk sekalipun tetap sempatkan waktu untuk dapat bercengkrama dengan anak dan buat agar anak tidak merasa tidak dipedulikan orang tuanya. Lima menit, sepuluh menit atau hanya 30 menit saja waktu yang diluangkan untuk bercengkrama, mengobrol dan berinteraksi dengan anak akan sangat baik untuk tumbuh kembangnya.

Selain meluangkan waktu, tunjukkan rasa kasih sayang Anda kepada anak dengan cara memberikan pelukan hangat atau aksi nyata lainnya.

2. Pahami apa yang menjadi kesulitan anak dan mulai tawarkan bantuan

Mulailah untuk mencoba memahami bahwa anak tidak keras kepala atau sulit diatur secara sengaja. Terkadang anak menjadi keras kepala dan susah diatur karena ia tidak mengerti tentang apa itu disiplin, bagaimana aturan harus dipatuhi atau bahkan tidak bisa mengontrol dan mengetahui apa yang diinginkan dirinya sendiri.

Karena itu, ketika anak sedang tantrum, tiba – tiba susah diatur atau mengalami masalah lainnya dekatilah ia. Ajak bicara dengan kepala dingin, mulailah tawarkan bantuan. Tunjukkan bahwa orang tua peduli dengan kesulitannya.

3. Buatlah aturan

Aturan perlu dikenalkan kepada anak karena hal ini juga termasuk salah satu cara mendidik anak usia 4 tahun yang penting dipahami. Namun pastikan agar aturan yang dikenalkan merupakan aturan – aturan yang sesuai dengan usia anak dan aturan yang ringan terlebih dahulu.

Misalkan di usia 4 tahun adalah usia awal anak akan mulai mengenal dunia sekolah atau pra sekolah. Karena itu mulai informasikan kepadanya jam berapa ia perlu belajar dan jam berapa ia harus stop menonton atau bermain. Pastikan Anda membantu anak mematuhi aturan tersebut dengan bersikap konsekuen dan selalu memberikan konsekuensi sesuai usia ketika dia tidak mematuhi aturan atau melanggarnya.

Baca juga : Cara Mendidik Anak Disiplin Tanpa Kekerasan yang Orang Tua Wajib Tahu

4. Berkomunikasi dengan baik

Latihlah anak untuk mampu berkomunikasi sejak dini. Ajak dia berbicara ketika dia mengalami kesulitan, beri bantuan dan jangan segan untuk mengobrol ketika anak mengalami masa – masa sulitnya.

Komunikasi yang baik dapat menjadi salah satu awal baik untuk mendidik anak dan mendukung tumbuh kembangnya. Hindari menggunakan nada tinggi dan bersikap marah – marah pada anak usia 4 tahun karena hal tersebut akan dengan mudah terserap dan ditirunya ketika sedang ada masalah.

Ingatlah bahwa mendidik anak butuh kesabaran dan selalu ingat bahwa anak adalah peniru handal. Jadi buatlah anak memahami mengapa Anda demikian dan apa yang harus dia lakukan jika melakukan kesalahan dengan komunikasi asertif.

5. Berikan apresiasi atas pencapaian anak sekecil apapun

Pencapaian yang membanggakan tidak harus besar seperti menang lomba, menjadi juara 1 atau prestasi sejenisnya. Pencapaian kecil juga perlu diapresiasi.

Misalkan ketika anak berusia 4 tahun, kemudian ia berhasil merapikan kamarnya sendiri, maka itu sudah menjadi sebuah pencapaian sesuai usia yang perlu diapresiasi orang tua. Berikan kata – kata positif seperti, “Bagus sekali, semoga besok adek bisa membantu mama membereskan tempat tidur seperti ini lagi ya!”

Hal – hal semacam itu dapat menjadi sebuah semangat dan motivasi anak untuk belajar lebih banyak lagi dan melakukan hal – hal positif lebih banyak juga.

6. Ajarkan 3 kata Ajaib

Ada beberapa kata Ajaib yang wajib diajarkan orang tua kepada anak di usia 4 tahunnya yaitu kata maaf, tolong, dan terima kasih.

Ajarkan anak untuk meminta maaf jika ia salah, ajarkan anak untuk meminta tolong ketika ia butuh bantuan kepada siapa pun itu, dan ajarkan anak untuk berterima kasih jika ia diberi pertolongan orang lain tanpa pandang bulu.

7. Saat anak melakukan kesalahan

Apa yang harus orang tua lakukan ketika anak usia 4 tahun melakukan suatu kesalahan?

Jangan marah! Marah tidak akan menyelesaikan masalah. Pastikan Anda memberikan pemahaman bahwa apa yang dilakukan anak itu adalah sebuah kesalahan. Ajak ia bicara dan berjanji tidak mengulangi kesalahan yang sama lagi.

Orang tua harus ingat bahwa ia masih anak 4 tahun. Orang tua saja masih bisa melakukan kesalahan di usianya yang bahkan di atas 20 atau 30 tahun, bagaimana dengan anak yang masih berusia 4 tahun? Ia juga masih berada di tahap mengenali lingkungan, adat dan kebiasaan serta berada di masa emas untuk belajar. Jadi jadilah partner yang baik untuknya agar bisa belajar lebih banyak lagi.

Itulah beberapa langkah yang tepat dalam cara mendidik anak usia 4 tahun agar perilakunya baik dan tumbuh dengan kepribadian positif. Semoga menjadi informasi parenting yang inspiratif ya bunda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *