Banyak orang tua yang mengaku harus begadang secara intens ketika memiliki anak yang usianya dibawah 3 tahun. Hal tersebut memang wajar, namun bukan berarti tak dapat diatasi. Ada cara mengatur jadwal tidur anak yang dapat diterapkan.

Cara ini ampuh bahkan untuk membuat anak dibawah 3 tahun disiplin dengan jadwal tidurnya. Seperti apa cara yang bisa diterapkan? Berikut informasinya!

Cara Mengatur Jadwal Tidur Anak Dibawah 3 Tahun

1. Terapkan jadwal tidur yang konsisten

jam tidur - cara mengatur jadwal tidur anak

Kebiasaan orang tua menidurkan anak secara tidak langsung akan membuat anak akhirnya berulang – ulang akan merepetisi jam tidur tersebut. Jika orang tua sering mengajak anak tidur diatas jam 10, atau bahkan larut malam maka bukan salah anaknya jika akhirnya ia suka tidur malam dan sulit tidur cepat.

Karena itu mulailah untuk menerapkan jadwal tidur secara konsisten. Jika memang ingin anak tidak suka tidur sampai larut malam, maka cegah mereka beraktivitas mendekati jam tidurnya.

Demikian juga dengan waktu tidur siang perlu diatur. Jangan biarkan mereka tidur siang terlalu lama. Selain itu orang tua juga harus memberi contoh kepada anak bagaimana disiplin dengan waktu tidurnya.

2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Selain konsistensi dalam mengatur jam tidur atau waktu tidur anak, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah suasana tidur anak. Pastikan untuk menciptakan suasana tidur anak yang nyaman.

Pastikan kamar anak sudah dalam kondisi bersih sebelum waktu tidurnya, set lampu agar tidak terlalu terang atau menggunakan lampu tidur khusus sehingga ia bisa lebih nyaman dan tidur pulas. Jika memang anak suka ditemani tidurnya, temani dulu sampai ia benar – benar berani tidur sendiri.

Atau kalau anak suka dibacakan dongeng sebelum tidur, di usia dibawah 3 tahun aktivitas tersebut sangat ampuh membuat anak cepat tidur. Hal baik lagi yang bisa didapatkan dengan membacakan dongeng sebelum tidur kepada anak adalah membuat otaknya terstimulasi dengan baik.

Banyak kok dongeng sebelum tidur yang ringan dan bisa dibacakan untuk anak. Jika membutuhkan referensi dongeng sebelum tidur, baca : 11 Cerita Dongeng Sebelum Tidur Anak Paling Menarik + Tip Bercerita

Atau kalau anak suka dengan dongeng dunia dan dongeng fantasi, bacakan cerita ini : 11+ Dongeng Anak Dunia Terpopuler dengan Pesan Moral Untuk Anak!

3. Pastikan anak tidak takut sebelum waktu tidur

sleep trainingsleep training

Masih berkaitan dengan suasana tidur, cara mengatur jadwal tidur anak yang perlu dipahami juga adalah mencari tahu bagaimana cara anak Anda bisa tidur. Jika anak suka tidur dengan lampu terang, berikan dia lampu terang dulu. Nantinya bisa berangsur – angsur diganti menggunakan lampu temaram untuk membuat tidur lebih nyenyak.

Terpenting cari tahu cara agar ia berani tidur. Jika perlu, orang tua bisa menanyakan langsung kepada anaknya tidur seperti apa yang ia mau.

Hindari membacakan cerita horor atau mengajaknya nonton film horor dan misteri karena hal tersebut berpotensi membuatnya teringat – ingat dengan apa yang baru saja didengar dan ditonton sehingga anak tidak bisa tidur.

4. Setting waktu makan anak

Jangan sampai perut anak kosong ketika akan tidur, karena hal ini akan membuat tubuhnya gelisah dan tidur pun menjadi tidak nyaman.

Jangan juga membuat anak kekenyangan sebelum tidur karena hal tersebut mengakibatkan dua kondisi antara anak kekenyangan sehingga cepat tidur namun berdampak pada obesitas, atau karena anak kekenyangan maka ia akan susah tidur karena perutnya begah.

Baiknya beri makan anak 2 atau 3 jam sebelum jam tidurnya. Waktu tersebut sangat ideal karena anak tidak akan terlalu kenyang atau terlalu lapar ketika waktu tidurnya tiba.

5. Hindari kebiasaan tidur sore hari

Hindari kebiasaan tidur sore hariHindari kebiasaan tidur sore hari

Kalau memang belum waktunya tidur, hindari membuatnya tidur. Baiknya ajak ia melakukan aktivitas yang menyenangkan sehingga anak tidak akan mengantuk sebelum jam tidur.

Kalau ia suka olahraga sepak bola, tak ada salahnya orang tua meluangkan waktu untuk mengajak anak bermain bola di sore hari. Atau kalau anak suka bersepeda, tak ada salahnya juga menemani anak bersepeda di sore hari.

Selain membuatnya tidak tidur sore, aktivitas tersebut sangat bermanfaat membuat tubuh menjadi bugar. Karena capek setelah beraktivitas di sore hari, maka malam harinya anak pun bisa tidur lebih pulas.

6. Perbanyak asupan sinar matahari di pagi hari

Memperbanyak anak terkena paparan sinar matahari pada pagi hari faktanya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anak.

Paparan sinar matahari pagi tak hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat karena mendapatkan asupan vitamin D, tetapi juga sekaligus dapat meningkatkan kualitas tidur anak di malam hari yang tentu saja hal tersebut sangat berdampak pada kehidupan sehari – hari anak.

Demikian cara mengatur jadwal tidur anak yang bunda harus tahu. Selamat menerapkan tips di atas dan dapatkan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *