Selain memberi nasihat, ada cara lain yang lebih menyenangkan untuk dilakukan dalam memberikan pesan positif terhadap anak salah satunya adalah menonton film. Tentu film yang dipertontonkan kepada anak bukan sembarang film melainkan film anak yang mendidik.

Di sela – sela film tersebut ditonton, orang tua bisa memberikan feedback atau informasi mengenai film. Kemudian di akhir film, orang tua bisa menginformasikan pesan moral dari film yang ditonton bersama anak.

Lantas, film apa saja yang direkomendasikan untuk ditonton bersama anak karena mendidik dan memiliki nilai moral yang baik dibaliknya?

Film Anak yang Mendidik dan Punya Pesan Moral Bagus

1. The BFG : Big Friendly Giant (2016)

BGF

Big Friendly Giant merupakan film anak yang dipenuhi unsur petualangan dan komedi. Meski mengandung unsur komedi, pesan moral yang bagus tetap diberikan dari film ini.

Film ini mengajarkan kepada anak untuk tidak berprasangka buruk terhadap orang hanya karena penampilan mereka. Sepanjang film, kita akan disajikan gambaran raksasa yang lain dari biasanya. Raksasa dalam film ini digambarkan sebagai sosok yang ramah, manis, dan baik hati.

Selain itu, dengan menonton film ini anak juga dapat belajar arti penting keluarga, persahabatan, dan memperjuangkan impian.

2. Elena of Avalor (2016)

Elena of AvalorElena of Avalor

Masih merupakan film yang rilis pada 2016, Elena of Avalor merupakan sebuah film edukasi anak yang diproduksi oleh Disney Studio. Film kartun dari Disney ini memperkenalkan putri Disney yang baru bernama Elena.

Sejak pertama kali tayang, film ini langsung banjir penonton dan banyak yang suka utamanya anak – anak. Dari film ini, anak akan belajar nilai kekeluargaan dan tolong menolong dari sosok Putri Elena.

3. Coco (2017)

CocoCoco

Coco merupakan sebuah film yang disutradarai oleh Adrian Molina dan Lee Unkrich. Film animasi yang berasal dari Amerika ini diproduksi oleh Pixar Animation Studios bersama dengan Walt Disney Pictures.

Film ini menceritakan kisah tentang seorang bocah dari Mexico bernama Miguel Rivera yang tinggal bersama nenek buyutnya bernama Coco di sebuah desa terpencil dan kecil. Miguel Rivera merupakan seorang anak yang kreatif dan memiliki hobi bermusik. Ia juga sangat senang bernyanyi.

Hanya saja, musik merupakan sesuatu yang dilarang di keluarganya. Lantas, apakah Miguel Rivera menyerah dengan mimpinya atau memperjuangkan mimpinya? Tonton filmnya langsung ya.

4. Nussa the Movie (2021)

Nussa The MovieNussa The Movie

Nussa The Movie merupakan sebuah animasi buatan Indonesia yang diproduksi oleh studio animasi The Little Giantz dan 4Stripe Productions. Film ini juga tampil di layar lebar dengan judul NUSSA : The Movie pada 14 Oktober 2021 lalu.

Film menceritakan tentang seorang anak bernama Nussa yang ingin menang lomba sains. Hanya saja ia memiliki tantangan harus berhadapan dengan rival yang nilainya lebih tinggi darinya yaitu Joni. Bagaimana cara Nussa memperjuangkan mimpinya?

Film ini sangat edukatif dan akan mengajarkan anak arti penting semangat dalam meraih tujuan dan cita – cita.

5. Turning Red (2022)

Turning RedTurning Red

Jika anak Anda berusia 8 tahun ke atas, film edukasi anak Turning Red yang rilis pada tahun 2022 ini sangat cocok ditonton.

Film ini menceritakan tentang seorang gadis muda yang sedang memasuki masa pubertas. Pasang surut kehidupan ia alami dan rasakan. Film juga menyorot kehidupan keluarga dan teman sang gadis.

Narasi manis dan menyentuh sepanjang film akan membuat anak dibuat takjub sekaligus dapat menangkap pesan moral dibaliknya.

6. Keluarga Cemara 2 (2022)

Keluarga Cemara 2Keluarga Cemara 2

Ingin nonton film anak yang mendidik bersama keluarga besar? Anda bisa tonton film berjudul Keluarga Cemara 2 yang rilis pada 2022 lalu.

Film ini merupakan sekuel kedua dari film berjudul sama yaitu Keluarga Cemara yang rilis pada 2018. Nilai edukasi yang dapat dipelajari dari film ini adalah tentang bagaimana setiap anggota keluarga saling mendukung satu sama lain untuk menghadapi berbagai kesulitan dan tantangan.

Selain lewat film anak yang mendidik, menyampaikan pesan positif kepada anak juga bisa dilakukan dengan membacakan dongeng. Banyak dongeng ringan yang bisa diceritakan kepada anak dengan pesan moral baik di baliknya.

Beberapa contohnya, baca : Dongeng Lucu Untuk Anak yang Mendidik dan Menghibur

Itulah informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait film anak yang mendidik dan direkomendasikan untuk ditonton bersama anak. Beri pesan moral ringan dari film anak yang mendidik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *