wk-media.com – Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1, Muhaimin Iskandar berjanji bakal memberikan Rp5 miliar bagi setiap desa agar bisa menahan masyarakatnya untuk tidak ke kota.

Dana Rp5 miliar ini akan digunakan untuk membangun desa agar ekonomi desa berjalan sekaligus bisa menahan urbanisasi masyarakat desa.

“Sejak kita mengawali UU pembangunan desa yang diikuti dengan penerapan dana desa yang terus meningkat dari tahun ke tahun, akan terbangun infrastruktur dan transformasi desa dari desa tertinggal menjadi maju dan mandiri,” ujarnya dalam acara Debat Pilpres keempat di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Dia menyebut sebanyak 13.000 desa yang mulanya tertinggal sekarang menjadi desa mandiri dan desa maju. Saat ini hanya 4.000 desa saja yang tertinggal. Hal ini berarti infrastruktur yang berjalan dengan baik akan membuat lebih banyak masyarakat desa yang betah tinggal di desa.

“Hari ini sudah 13.000 desa yang tertinggal sudah menjadi desa maju, desa mandiri, sekarang tinggal 4.000 saja. Ini membuktikan bahwa infrastruktur kita berjalan baik dan desa terlaksana dengan baik sehingga masyarakat desa makin kerasan,” jelasnya.

Untuk itu, dia berjanji akan menaikkan lagi anggaran dana sebesar Rp5 miliar per desa. Dana ini akan dialokasikan tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur saja, melainkan juga kegiatan ekonomi melalui BUMDES dan wirausaha lainnya.

“Nanti ke depan kita akan siapkan, naikkan lagi anggaran Rp 5 miliar per desa. Agar apa? Tak hanya infrastrukturnya yang baik tetapi ada kegiatan ekonomi yang tumbuh,” lanjutnya.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *