wk-media.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengunjungi proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada hari ini Rabu (17/1/2024).

Kunjungan yang pertama ke IKN di tahun 2024 ini, Presiden berangkat bersama rombongannya yang terdiri dari Menteri BUMN, Erick Thohir dan anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Gandi Sulistiyanto.

Rombongan tersebut, lepas landas dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta pada pukul 06.30 WIB.

Selama di IKN, Jokowi akan melakukan groundbreaking sejumlah infrastruktur dan ingin membuktikan kepada publik bahwa aliran investasi ke IKN terus mengalir dengan deras.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono mengatakan, groundbreaking tahap IV ini menjadi groundbreaking pertama di tahun 2024.

Proyek yang akan dibangun kali ini dibagi dalam tiga kategori.

Kategori pertama adalah groundbreaking dari dua BUMN, PT Pos Indonesia yang membangun Nusantara Logistic Hub dan Radio Republik Indonesia (RRI) yang membangun Studio Siaran Radio.

Sedangkan untuk kategori kedua adalah groundbreaking yang dilakukan oleh swasta, yaitu SUN Hub yang membangun area pergudangan, Jambuluwuk Group yang membangun hotel bintang 5, Green Pesantren, dan pembangunan Nusantara Warehouse Park yang dilakukan PR Wulandari Bangun Laksana.

Selanjutnya, untuk Kategori terakhir adalah groundbreaking fasilitas lembaga negara, yaitu Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, Memorial Park yang akan dibangun PUPR dengan APBN, dan Kantor Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) yang dibangun dengan anggaran non-APBN.

Untuk diketahui, sampai akhir 2023, pemerintah sudah melakukan tiga kali groundbreaking di IKN.

Groundbreaking tahap pertama, nilai investasinya sebesar Rp 23,1 triliun. Groundbreaking tahap dua, nilai investasinya sebesar Rp 13,1 triliun. Sampai groundbreaking tahap ketiga yang dilakukan pada Desember 2023, total keseluruhan investasi IKN di tahun lalu mencapai Rp 41,4 triliun.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *