wk-media.com – Peretasan data kembali terjadi di dalam negeri. Kali ini peretasan data mendera PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI.

Hal ini setelah adanya informasi di media sosial X (dulunya Twitter) yang mengungkapkan bahwa salah satu grup hacker meretas data penumpang KAI.

“Data Breach at PT Kereta Api Indonesia. ( ). A Hacker group claims to have accessed sensitive data, including employee info, customer details, and more from Indonesia’s National railway company,” tulis akun @TodayCyberNews yang dikutip, Selasa (16/1/2024).

Atas informasi peretasan itu, VP Public Relations KAI Joni Martinus menegaskan kekinianbelum ada bukti bahwa ada data KAI yang bocor seperti yang dinarasikan.

“Kami akan tetap melakukan investigasi secara mendalam untuk menelusuri isu tersebut,” ujar Joni dalam keterangan tetulisnya.

Pihaknya, juga pastikan bahwa seluruh data KAI aman, dan sampai saat ini seluruh sistem operasional IT, pembelian tiket online KAI, serta layanan Face Recognition Boarding Gate di semua stasiun masih berjalan dengan baik.

Masyarakat juga tidak perlu khawatir dengan keamanan data pada fitur Face Recognition Boarding Gate yang dipergunakan oleh KAI. Sebab KAI telah memiliki manajemen keamanan informasi yang baik.

Untuk langkah lebih lanjut, KAI akan bekerja sama dengan pihak berwajib mengusut kasus tersebut. KAI berkomitmen tidak akan tunduk akan kejahatan pemerasan ini.

“KAI secara berkala terus meningkatkan keamanan siber demi kenyamanan para pelanggan untuk tetap menggunakan jasa transportasi massal kereta api yang nyaman, aman dan tepat waktu,” pungkas Joni.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *