wk-media.com – Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah berkeliling Smelter PT Freeport Indonesia yang terletak di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Gresik, Jumat (12/1/2024).

Hal tersebut dilakukan dalam rangka peringatan dan pencanangan Bulan K3 Nasional Tahun 2024.

Selain pencanangan, pelaksanaan peringatan Bulan K3 Nasional di Smelter bertujuan untuk memastikan bahwa aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) telah diterapkan dengan baik di Smelter.

“Hari K3 Nasional kita tempatkan di Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, untuk menunjukkan bahwa ini perusahaan yang diminta oleh pemerintah untuk melakukan hilirisasi. Karena ada beberapa kecelakaan kerja di tempat lain, khawatir masyarakat memiliki persepsi bahwa bekerja di Smelter ini tidak memperhitungkan K3-nya,” kata Ida Fauziyah.

“Selain itu kami ingin melihat, ini sebenarnya K3-nya seperti apa?” lanjutnya.

Usai berkeliling Smelter, Ida Fauziyah berdialog dengan para pekerja/buruh di industri smelter, utamanya terkait penerapan K3. Para pekerja/buruh-pun menyatakan bahwa K3 telah diterapkan dengan baik di Smelter tersebut.

“Pelaksanaan K3 sudah bagus. Kalau terjadi apa-apa penanganannya itu sudah cepat,” kata salah seorang pekerja, David Muktiaji Semarang.

Bulan K3 Nasional diperingati setiap tanggal 12 Januari s.d 12 Februari. Pada tahun ini tema utama Bulan K3 Nasional adalah Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Tema tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah untuk secara terus menerus mengingatkan, mengajak, dan menggelorakan semangat dan budaya penerapan K3 di tempat kerja, yang mana akan turut mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3. Budaya K3 sendiri merupakan salah satu syarat dalam membentuk ekosistem ketenagakerjaan yang unggul.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *