Danau Sentani merupakan sebuah danau terluas di Papua yang luasnya mencapai 9.360 hektar. Danau ini sangat indah, airnya tenang dan cuacanya sejuk. Terdapat sekitar 24 kampung di sekitar wilayah danau ini. Di balik keindahan dan ketenangannya, ada sebuah legenda Danau Sentani yang perlu diketahui.

Seperti apa legenda dibalik keindahan dan ketenangan Danau Sentani Papua? Mari simak ceritanya sampai akhir!

Legenda Danau Sentani di Tanah Papua

Asal usul Danau Sentani dipercaya berkaitan erat dengan masyarakat dari Papua New Guinea atau Papua Nugini yang melakukan sebuah perjalanan untuk mencari tempat tinggal pada zaman dahulu. Seperti apa kisahnya?

Sebelum kita membahas ceritanya, kita sepakati dahulu bahwa Papua New Guinea akan kita sepakati untuk diberi nama Papua Nugini pada kisah kali ini. Jika sudah paham dengan kesepakatan tersebut, berikut ceritanya :

Di sebuah desa yang tanahnya kering, terdapat masyarakat yang hidup cukup sulit. Mereka kesulitan untuk mendapatkan makanan karena tanah mereka tandus dan sulit untuk dijadikan tempat bercocok tanam. Menanam singkong, jagung, dan berbagai tumbuhan pasti akan mati pada akhirnya.

Desa tersebut merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Papua Nugini. Merasa tidak bisa hidup seperti ini terus menerus, seorang tetua adat di desa tersebut mengusulkan kepada masyarakat untuk melakukan perpindahan ke wilayah desa lainnya yang tanahnya lebih subur dan makmur supaya mereka tidak terbebani dengan penyakit kelaparan seperti sekarang.

Hanya saja, mereka bingung akan melakukan perpindahan ke desa lain naik apa. Hingga akhirnya salah satu warga masyarakat ingat bahwa di desa tersebut terdapat sebuah naga besar yang jinak dan bisa dimanfaatkan untuk menjadi alat transportasi bagi warga masyarakat dalam melakukan perpindahan ke desa lainnya.

Masyarakat pun setuju untuk melakukan perpindahan bersama naga tersebut. Satu per satu masyarakat di desa tersebut naik ke punggung naga mulai dari anak – anak, orang tua, dan orang dewasa lainnya. Setelah semua masyarakat naik ke punggung naga, naga tersebut pun melaju di udara.

Hanya saja tak lama kemudian, naga yang mereka tunggangi tidak mampu lagi untuk terbang karena badannya sudah lelah menampung beban masyarakat yang sangat banyak itu. Hingga akhirnya naga tersebut pun tenggelam.

Semua masyarakat di atas punggung naga jatuh ke sebuah danau besar. Naga tersebut mati di danau itu. Namun karena mendapatkan benturan yang sangat keras, badan naga tersebut terbelah menjadi beberapa bagian.

Bagian kepalanya terpental ke sisi barat danau, bagian tubuh naga berada di tengah danau, dan bagian ekornya berada di sisi timur. Bagian tubuh naga yang berada di tengah danau tersebut terapung. Bagian tubuh yang terapung tersebut, membuat masyarakat yang menungganginya selamat dan berhasil sampai di daratan.

Mereka yang selamat dan berhasil sampai ke daratan akhirnya mencari bantuan untuk mendapatkan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Kisah tersebut pun diceritakan kembali oleh masyarakat Papua Nugini yang selamat di desa barunya. Mereka pun hidup rukun dan saling berdampingan.

Hingga suatu hari, masyarakat Papua Nugini yang pergi ke danau untuk mencari ikan sadar bahwa Danau Sentani sudah berubah. Di sekitarnya, terdapat gugusan pulau kecil yang tampak seperti bagian tubuh naga dan dipercaya bagian tubuh naga yang tenggelam itulah yang mengendap dan menciptakan gugusan pulau – pulau tersebut di Danau Sentani.

Sampai sekarang, legenda Danau Sentani di Tanah Papua masih dipercaya berkaitan erat dengan cerita naga yang tenggelam.

Selain legenda Danau Sentani di Tanah Papua, masih ada banyak legenda – legenda lain yang bisa jadi inspirasi dan bahan bacaan. Kisah legenda dari daerah lain juga ada yang ceritanya berkaitan dengan kisah naga.

Salah satunya adalah cerita rakyat dari Aceh yaitu Alue Naga. Kisahnya secara lengkap, baca : Cerita Rakyat Alue Naga Asal Aceh Lengkap

Ada juga cerita legenda asal Bali yaitu Manik Angkeran dan Naga Besukih. Kisah lengkapnya, baca : Cerita Rakyat Bali Manik Angkeran dan Naga Besukih

Demikian informasi yang kami dapat bagikan kali ini terkait legenda Danau Sentani di Tanah Papua. Semoga informasi yang kami bagikan di atas menjadi ulasan yang inspiratif dan membawa manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *