wk-media.com – Jika berbicara tentang sosok Susi Pudjiastuti, tentu yang teringat dalam benak masyarakat adalah menteri nyentrik yang memiliki ketegasan tinggi dalam menjaga perairan Indonesia. Belakangan Susi Pudjiastuti dukung Prabowo ‘tenggelamkan’ kapal asing.

Sebenarnya frasa ‘tenggelamkan’ sempat viral beberapa tahun  yang lalu  ketika Susi menjabat sebagai menteri di kabinet yang dipimpin Presiden Joko   Widodo. Namun tidak sampai kabinet ini selesai satu periode, posisinya digantikan oleh orang lain.

Pernyataan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

Tanggapan Susi Pudjiastuti ini disampaikan sebagai respon atas pernyataan Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden yang maju dalam pilpres mendatang, mengenai cadangan ikan terbesar.

Pada sebuah kesempatan, beliau menyatakan bahwa Indonesia memiliki cadangan ikan terbesar, namun banyak kapal asing ilegal yang masuk ke laut Indonesia.

Hal ini jelas membawa kerugian bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan dan industri, karena hasil yang dimiliki di perairan Indonesia tidak dapat dirasakan manfaatnya secara maksimal.

Prabowo Subianto kemudian menyampaikan tekadnya untuk membangun angkatan laut Indonesia agar semakin kuat sehingga dapat menjaga kedaulatan dan kekayaan laut nasional agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia secara langsung.

Dengan kekuatan yang besar dan tangguh, kapal asing ilegal yang masuk ke perairan Indonesia dapat segera ditangkap. Idealnya ketika jumlah kapal ilegal berkurang, maka masyarakat dapat memperoleh manfaat optimal dari laut Indonesia yang kaya.

Tanggapan Susi Pudjiastuti

Pernyataan ini kemudian dikutip dan menjadi sorotan banyak orang, termasuk mantan menteri terkait urusan kelautan, Susi Pudjiastuti. Beliau memberikan tanggapan bernada positif, ‘Tenggelamkan mereka Pak @Prabowo’ melalui akun X yang dimilikinya.

Tentu hal ini mengundang banyak respon dari netizen yang ada di ranah platform X ini, mengingat netizen cenderung reaktif pada pernyataan-pernyataan yang menarik seperti ini.

Berbagai respon untuk tanggapan ini bermunculan. Ada yang menyinggung pergantian menteri terdahulu, ada pula yang justru merasa skeptis pada gagasan Menhan untuk memperkuat angkatan laut demi kedaulatan RI.

Secara logis, ketika urusan kelautan di bawah Susi Pudjiastuti, penenggelaman kapal dilakukan secara aktif pada pelaku dan oknum kapal ilegal yang ada di perairan Indonesia. Hal ini terjadi jauh sebelum wacana peningkatan kekuatan angkatan laut disampaikan oleh Menhan beberapa waktu yang lalu.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *