wk-media.com – Masyarakat Indonesia, dalam beberapa tahun belakangan, semakin gemar melakukan transaksi tanpa kartu. Hal ini seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi non-tunai di berbagai sektor, mulai dari ritel, transportasi, hingga makanan dan minuman.

Sebut saja, peningkatan transaksi QRIS. Lonjakannya cukup tajam. Berdasarkan data Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), volume transaksi QRIS meroket 104 persen pada Januari hingga September 2023 dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Nggak cuma QRIS, transaksi tanpa kartu juga didukung layanan mobile banking makin digemari. Maklum, nasabah jadi lebih mudah menunaikan berbagai pembayaran tagihan. Seperti tagihan listrik, PDAM, TV kabel dan internet, asuransi, cicilan, dan lainnya.

Transaksi tanpa kartu juga antiribet. Bayangkan, kamu nggak perlu membawa uang tunai maupun kartu fisik ke mana-mana. Praktis dan efisien kan. Jadi, nggak perlu repot mencari uang tunai atau kartu fisik, apalagi jika sedang terburu-buru saat hendak bepergian.

Ketimbang transaksi tunai, transaksi cardless juga diklaim dianggap lebih aman dan nyaman. Risiko kehilangan atau kecopetan lebih kecil. Pasalnya, kamu tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar ke mana-mana. 

Bicara soal pencatatan, transaksi tanpa kartu juga lebih mudah dan jelas. Dalam hal ini, kamu bisa senantiasa memantau pemasukan dan pengeluaran di setiap transaksi yang dilakukan. Lebih praktis dan mudah.

Keunggulan Transaksi Tanpa Kartu 

Selain memudahkan dalam berbagai hal, transaksi tanpa kartu banyak diminati karena menawarkan berbagai keuntungan. Berikut ini beberapa keuntungan memakai transaksi tanpa kartu:

  1. Praktis: Transaksi tanpa kartu tidak memerlukan kartu fisik, sehingga tidak perlu repot-repot membawa kartu fisik ke mana-mana.
  2. Aman: Risiko kehilangan atau pencurian uang tunai menjadi lebih kecil, karena tidak perlu membawa uang dalam jumlah besar. 
  3. Hemat waktu: Transaksi tanpa kartu dapat menghemat waktu, karena tidak perlu mengantri untuk mengambil uang tunai atau melakukan transaksi lainnya.
  4. Bisa Kapan Saja: Transaksi tanpa kartu melalui aplikasi mobile banking juga bisa dilakukan kapan saja. Pembayaran tagihan tak perlu antre di ATM.

BRImo: Solusi Mobile Banking untuk Transaksi Tanpa Kartu

Menanggapi tren transaksi tanpa kartu yang semakin meningkat, BRI menghadirkan aplikasi BRImo sebagai solusi mobile banking yang memungkinkan untuk melakukan transaksi tanpa kartu. 

BRImo menyediakan berbagai fitur transaksi tanpa kartu, seperti setor tunai, transfer uang, QRIS, tagihan bulanan (listrik, PDAM, pascabayar, Telkom, TV kabel dan internet, asuransi, cicilan, dan masih banyak lainnya).

Berikut ini beberapa contoh penggunaan BRImo untuk transaksi tanpa kartu yang bisa memudahkan hari-hari kamu:

Cara Setor Tunai Tanpa Kartu

Untuk melakukan setor tunai tanpa kartu, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi ATM BRI terdekat.
  2. Buka aplikasi BRImo di smartphone.
    Masukkan username dan password atau login menggunakan fingerprint.
  3. Pilih menu “Setor Tunai” Kemudian pilih “Rekening Sumber Dana”.
  4. Masukkan PIN BRImo. 
    Kamu akan mendapat Kode Akses dari aplikasi BRImo.
  5. Selanjutnya, klik menu “Transaksi Tanpa Kartu” pada mesin ATM BRI. 
  6. Pilih tombol “Setor Tunai Tanpa Kartu” (kiri bawah).
  7. Masukkan Kode Akses yang didapat sebelumnya di aplikasi BRImo. 
    Lalu, tekan “Benar” untuk melanjutkan.
    Masukkan nomor HP yang terintegrasi dengan akun BRImo kamu.
  8. Silakan masukkan uang yang akan disetor.
    Tunggu transaksi setor tunai BRI di ATM sedang diproses. 
  9. Tekan tombol “Setor” untuk melanjutkan 
    Cek kembali transaksi kamu, jika sudah benar tekan “Ya”. 
  10. Transaksi setor tunai BRI di ATM selesai

Cara Bayar Pake QRIS

Untuk melakukan pembayaran menggunakan QRIS, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Login aplikasi BRImo, Klik icon QRIS (di home screen bawah) atau (tanpa login) klik fitur QRIS di fast menu.
  2. Scan barcode QR yang ada di merchant menggunakan BRImo.
  3. pilih sumber dana, dan masukkan nominal yang akan dibayar.
  4. Masukkan PIN BRImo.
  5. Selesai.

BRImo merupakan solusi mobile banking yang memudahkan kamu untuk melakukan transaksi tanpa kartu. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, BRImo dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin bertransaksi dengan praktis, aman, dan nyaman.

So, kalau ingin mendapatkan informasi lebih lanjut terkait fitur transaksi tanpa kartu melalui BRImo, kamu bisa simak di sini. Segera download BRImo melalui App Store, Play Store dan Huawei AppGallery sekarang juga. Cus, manfaatkan kemudahan fitur Fast Menu di BRImo.

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *