• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Sebutkan 3 pendekatan geografi, Sumber: Pexels/Tim Gouw
Studi geografi adalah bidang yang kaya dengan berbagai pendekatan yang membantu memahami dan menganalisis dunia yang kompleks ini. Oleh karena itu, jika ingin mengkaji geografi tentunya harus bisa sebutkan 3 pendekatan geografi.

Terdapat beragam pendekatan yang digunakan oleh geografer untuk memeriksa fenomena geografis dari berbagai sudut pandang. Tiga pendekatan utama dalam geografi adalah pendekatan spasial, pendekatan ekologis, dan pendekatan manusia.

Ilustrasi Sebutkan 3 pendekatan geografi, Sumber: Pexels/Aaditya Arora
Pendekatan ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang fenomena geosfer dalam interaksi dengan lingkungan alam. Pendekatan geografi ini membantu mengidentifikasi penyebab masalah, merumuskan solusi, dan perubahan di masa depan.

Pendekatan geografi merupakan landasan konseptual dalam ilmu geografi yang membantu menganalisis dan memahami fenomena geosfer serta interaksi antara manusia dan lingkungan.

Inilah jawaban jika diminta sebutkan 3 pendekatan Geografi beserta contohnya, yang dikutip dari buku Geografi SMA/MA Kls X (Diknas), Grasindo, (2006).

Pendekatan ini berfokus pada analisis ruang dan wilayah dalam kaitannya dengan fenomena geosfer. Prinsip-prinsip yang ditekankan dalam pendekatan keruangan meliputi persebaran, interaksi, dan deskripsi fenomena geosfer.

Contohnya, dalam konteks Indonesia, pendekatan keruangan digunakan untuk memahami masalah pengangguran. Para geografer akan menganalisis jenis pengangguran, penyebabnya, persebarannya, intensitasnya, dan hubungannya dengan fenomena lain.

Pendekatan ini berfokus pada hubungan antara manusia dan lingkungan alam. Dalam pendekatan ini, geografer mempelajari dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan alam, serta bagaimana lingkungan alam mempengaruhi perilaku manusia.

Sebagai contoh, dalam musim hujan, daerah-daerah berbukit sering mengalami tanah longsor karena penebangan pohon yang tidak diikuti dengan reboisasi.

Dengan menggunakan pendekatan ekologi, geografer dapat mengidentifikasi faktor-faktor fisik yang memicu tanah longsor dan melihat bagaimana perilaku manusia berkontribusi pada masalah tersebut.

3. Pendekatan Kompleks Wilayah

Pendekatan ini merupakan perpaduan antara pendekatan keruangan dan ekologi. Pendekatan ini memerlukan analisis yang mendalam tentang hubungan antarwilayah serta pengaruhnya pada fenomena geosfer.

Sebagai contoh, pemerintah DKI Jakarta perlu bekerja sama dengan pemerintah daerah sekitarnya untuk mengatasi masalah banjir. Selain itu, hal ini juga harus mengelola daerah aliran sungai dan ruang terbuka hijau secara terpadu.

Pendekatan ini membuat geografer untuk merencanakan solusi yang komprehensif untuk masalah geosfer yang kompleks.

Itulah jawaban jika diminta sebutkan 3 pendekatan geografi, beserta contoh yang harus diketahui untuk mengkaji fenomena geosfer. Dengan memahami pendekatan geografi ini, semoga dapat lebih baik menjelajahi kompleksitas di sekitar pelestarian lingkungan. (RIZ)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *