• Oktober 21, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?. Sumber foto: Unsplash/Ben O Bro
Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman? Sebagai sebuah melting pot tempat bertemunya beragam karakter manusia, keadaan di kota tentu lebih berwarna.

Di kota, penduduknya lebih heterogen. Masyarakatnya bercampur-baur dari beragam budaya, adat-istiadat, suku bangsa, profesi, dan lain-lain. Oleh karena itu, tidak ada kota yang isinya seragam, pasti jauh lebih beragam.

Mengapa Wilayah Kota Memiliki Unsur Keanekaragaman?

Ilustrasi Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?. Sumber foto: Unsplash/Andreas Bucker

Dikutip dari buku Ekologi Perairan Tropis, Husain L (2019: 76), sedikit atau banyaknya keanekaragaman spesies suatu organisme dilihat dengan indeks keanekaragaman. Indeks tersebut yaitu nilai yang menunjukkan keseimbangan keanekaragaman.

Keseimbangan tersebut dilihat darisuatu pembagian jumlah individu tiap spesies. Indeks keanekaragaman mempunyai nilai terbesar jika semua individu berasal dari spesies yang berbeda-beda. Sedangkan nilai terkecil didapat jika semua individu berasal dari satu spesies saja.

Keberagaman yang menjadi ciri masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia dipengaruhi oleh letak strategis, kepulauan, kondisi alam, serta faktor transportasi dan komunikasi.

Penting bagi masyarakat Indonesia untuk lebih memahami keragamannya. Berikut jawaban atas pertanyaan, “Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?”.

Sikap terhadap perubahan nilai dan budaya menjadi salah satu alasan yang menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan, faktor-faktor yang berbeda ini menciptakan negara Indonesia yang majemuk dengan keunikannya tersendiri.
Itulah jawaban atas pertanyaan, “Mengapa wilayah kota memiliki unsur keanekaragaman?”. Dengan pengetahuan tersebut diharapkan seluruh masyarakat dapat lebih menghormati dan menghargai perbedaan, sehingga rasa toleransinya semakin kuat. (Gin)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *