• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Jelaskan Ciri Khas Rakyat Indonesia. Sumber: Unsplash/Anggit Rizkianto
Jelaskan ciri khas rakyat Indonesia! Indonesia adalah negara kepulauan dengan wilayah yang sangat luas. Negara Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke memiliki rakyat yang sangat beragam suku, bahasa, dan agamanya.

Hal tersebut membedakan rakyat Indonesia dengan rakyat dari negara lainnya. Keberagaman yang ada merupakan kekayaan bangsa yang akan memperkuat Indonesia.

Jelaskan Ciri Khas Rakyat Indonesia!

Ilustrasi Jelaskan Ciri Khas Rakyat Indonesia. Sumber: Unsplash/Mahmud Ahsan

Jelaskan ciri khas rakyat Indonesia! Dikutip dari Teori dan Aplikasi Pendidikan Kewarganegaran, Safriadi, dkk (2021:20), menurut Dewan Perancang Nasional, kepribadian Indonesia adalah keseluruhan ciri khas bangsa Indonesia yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lainnya.

Ciri-ciri rakyat Indonesia merupakan cerminan dari garis pertumbuhan dan perkembangan rakyat Indonesia sepanjang masa. Garis pertumbuhan dan perkembangan ini ditentukan oleh kehidupan budi bangsa dan dipengaruhi oleh tempat dan suasana sepanjang masa.

Rakyat Indonesia memiliki sejumlah ciri-ciri sebagai berikut.

1. Memiliki Pancasila sebagai Dasar Negara

Pancasila merupakan dasar dari negara Indonesia. Pancasila adalah rumusan sekaligus pedoman kehidupan berbangsa serta bernegara bagi rakyat Indonesia. Pancasila terdiri dari lima sila yang semuanya harus diketahui dan diamalkan oleh rakyat Indonesia.

2. Terdiri dari Berbagai Suku, Ras, Agama, dan Bahasa

Wilayah Indonesia yang membentang luas membuat rakyat Indonesia tersebar di setiap daerah. Hal ini menciptakan keragaman suku, ras, agama, dan bahasa di Indonesia.

3. Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan

Meskipun terdiri dari banyak suku yang memiliki budaya dan bahasa daerahnya sendiri, rakyat Indonesia memiliki bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan sekaligus bahasa resmi yang digunakan di Indonesia. Dengan bahasa Indonesia, rakyat dari berbagai suku bisa saling berkomunikasi dengan lancar.

4. Menjunjung Tinggi Nilai Kesatuan dan Persatuan

Rakyat Indonesia berasal dari latar belakang budaya yang beragam. Namun, hal ini tidak membuat Indonesia terpecah. Perbedaan yang ada justru akan memperkaya budaya Indonesia.

Sudah sejak dahulu rakyat Indonesia menjunjung sikap gotong royong. Sayangnya, sikap ini sudah semakin tergerus di daerah perkotaan. Namun, masih banyak rakyat Indonesia yang masih mengedepankan sikap gotong royong untuk membantu sesamanya.

Jelaskan ciri khas rakyat Indonesia! Jawaban yang diberikan bisa dipelajari untuk lebih memahami rakyat Indonesia. Semoga bisa menambah wawasan. (KRIS)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *