• Oktober 21, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Bagaimana sifat benda yang terbuat dari logam, Sumber: Pexels/Pavel Chernonogov
Salah satu topik yang menarik dan penting dalam ilmu material adalah bagaimana sifat benda yang terbuat dari logam. Logam telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari konstruksi hingga elektronik.

Untuk memahami bagaimana sifat-sifat logam ini, perlu untuk melihat lebih dalam pada struktur, pengaruh logam, serta karakteristik, seperti konduktivitas panas dan listrik.

Bagaimana Sifat Benda yang Terbuat dari Logam?

Ilustrasi Bagaimana sifat benda yang terbuat dari logam, Sumber: Pexels/Pixabay
Benda-benda yang terbuat dari logam telah menjadi peran penting dalam peradaban manusia selama ribuan tahun. Belajar tentang logam dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari tidak dapat dipandang sebelah mata, karena hal tersebut penting.

Inilah jawaban bagaimana sifat benda yang terbuat dari logam, yang dikutip dari buku Pasti Bisa Kimia untuk SMA/MA Kelas X, Tim Ganesha Operation, (2017).

Kekuatan adalah salah satu sifat terpenting dari logam. Baja, aluminium, dan sejumlah logam lainnya memiliki kekuatan yang cukup untuk digunakan dalam industri konstruksi.

Logam membentuk pondasi bangunan dan infrastruktur yang kokoh, memberikan keamanan dan stabilitas.

Selain kekuatan, sifat kekerasan juga membuat logam menjadi bahan pilihan dalam peralatan elektronik. Digunakan sebagai pelindung untuk menjaga barang-barang berharga dan perangkat elektronik.

3. Konduktivitas yang Baik

Sifat konduktivitas listrik dan termal yang tinggi adalah alasan lain mengapa logam sangat berharga. Logam mampu menghantarkan listrik dengan efisiensi tinggi, membuatnya cocok untuk pembuatan kabel, sirkuit elektronik, dan berbagai peralatan listrik.

Kemampuan dalam menghantarkan panas juga menjadikannya bahan yang ideal dalam pemanas, pendingin, dan berbagai aplikasi termal.

Kelenturan dan keuletan adalah dua sifat mekanik lainnya yang dimiliki oleh logam. Logam dapat ditekan, dibentuk, dan ditempa tanpa patah, dengan begitu dapat membuat berbagai bentuk dan struktur yang diperlukan dalam berbagai aplikasi.

5. Ketahanan Terhadap Air

Sifat terakhir adalah ketahanan logam terhadap air. Logam tidak menyerap air dan mempertahankan kekerasannya, bahkan di bawah tekanan berulang.

Inilah yang membuat logam menjadi pilihan yang baik dalam berbagai aplikasi yang melibatkan air atau kondisi lembap, seperti peralatan rumah tangga, tangki penyimpanan, dan pipa.

Itulah penjelasan lengkap mengenai bagaimana sifat benda yang terbuat dari logam. Penjelasan tersebut harus diketahui oleh siswa saat belajar IPA agar mengetahui apa saja yang dapat dilakukan oleh logam. (RIZ)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *