• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Mengapa norma harus ditaati oleh masyarakat. Sumber foto: Unsplash/Patrick Tomasso
Mengapa norma harus ditaati oleh masyarakat? Norma pada hakikatnya merupakan kaidah atau petunjuk hidup yang memengaruhi tingkah laku manusia dalam hidup bermasyarakat.

Dikutip dari situs Dirjen SMP (https://ditsmp.kemdikbud.go.id), norma juga dapat diartikan aturan atau ketentuan yang mengatur kehidupan warga masyarakat. Aturan tersebut dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku masyarakat.

Mengapa Norma Harus Ditaati oleh Masyarakat?

Ilustrasi Mengapa norma harus ditaati oleh masyarakat. Sumber foto: Unsplash/Glenn Carstens

Norma diperlukan untuk mengatur perilaku masyarakat supaya teratur, tertib, dan menciptakan kehidupan yang tenteram. Tanpa norma, masyarakat tidak akan memiliki pedoman dalam berperilaku. Akibatnya konflik atau permasalahan akan sering terjadi.

Biasanya norma berlaku dalam lingkungan masyarakat dengan aturan tak tertulis, tetapi secara sadar masyarakat mematuhinya. Namun, seiring berkembangnya zaman masyarakat mulai mengabaikan norma-norma yang ada di masyarakat.

Masih sering ditemukan masyarakat yang belum menaati norma dan aturan. Meskipun norma sosial seringkali tidak tertulis, keberadaannya sangat penting untuk menjaga ketertiban dan keadilan di masyarakat.

Contohnya seperti melanggar lalu lintas, tidak berpamitan kepada orang tua, dan juga melanggar aturan agama. Berikut beberapa alasan atas pertanyaan, “Mengapa norma harus ditaati oleh masyarakat?”.
Itulah jawaban atas pertanyaan, “Mengapa norma harus ditaati oleh masyarakat?”. Semoga penjelasan tersebut dapat membantu masyarakat dalam memahami pentingnya norma dalam kehidupan sehari-hari. (Gin)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *