• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Jelaskan Bentuk Tanggung Jawab Seorang Anak Di Rumah, Foto: Unsplash/kate_sept2004.
Ilustrasi Jelaskan Bentuk Tanggung Jawab Seorang Anak Di Rumah, Foto: Unsplash/kate_sept2004.

Jelaskan bentuk tanggung jawab seorang anak di rumah adalah soal ini salah satu pertanyaan yang ada dalam buku tematik SD yang harus dijawab siswa. Setiap anggota tentu memiliki tanggung jawabnya masing-masing agar tercipta keluarga yang harmonis.

Ketika memahami tanggung jawabnya, seseorang akan melakukan pekerjaannya dengan baik. Begitu juga dengan seorang anak, memilki tanggung jawab terhadap dirinya sendiri maupun orang lain.

Bentuk Tanggung Jawab Seorang Anak di Rumah

Ilustrasi Jelaskan Bentuk Tanggung Jawab Seorang Anak Di Rumah, Foto: Unsplash/Moyo Studio.
Ilustrasi Jelaskan Bentuk Tanggung Jawab Seorang Anak Di Rumah, Foto: Unsplash/Moyo Studio.

Dikutip dari buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 6 Semester 2 karya Desi Damayanti dkk (2021: 86), jelaskan bentuk tanggung jawab seorang anak di rumah adalah salah satu soal tematik kelas 6 SD semester 2.

Berikut adalah jawaban bentuk tanggung jawab tersebut yang harus dipahami orang tua dan keluarga.

1. Menghormati Orang Tua

Cara mudah untuk menghormati orang tua adalah berkata alus dan sopan saat berbicara atau berperilaku kepada orang tua.

2. Menyayangi Keluarga

Sebagai anggota keluarga, setiap orang memiliki kewajiban untuk saling menyayangi. Rasa sayang terhadap keluarga ini bisa diungkapkan melalui banyak hal. Setiap orang akan mengungkapkannya dengan cara yang berbeda-beda.

3. Membersihkan Rumah

Setiap anak tentu diberikan tugas masing-masing di rumah. misalnya diminta untuk menyapu rumah. Sebagai bentuk tanggung jawab, maka harus melakukannya.

4. Akur dengan Saudara

Setiap saudara pasti pernah berkelahi satu sama lain, terutama mereka yang memiliki saudara kembar. Sebagai seorang anak diwajibkan untuk akur dengan saudara agar tercipta keharmonisan dalam keluarga.

5. Kewajiban untuk Belajar

Belajar tidak hanya dilakukan saat sekolah, tetapi di rumah juga harus belajar. Seorang anak memiliki kewajiban untuk belajar banyak hal, mulai dari mana yang baik dan tidak baik, apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

6. Bersikap Jujur

Kejujuran sangat berkaitan erat dengan kepercayaan seseorang. Kejujuran merupakan salah satu sifat penting yang harus dimiliki oleh semua orang termasuk anak-anak. Sifat jujur haruslah diterapkan dan diajarkan kepada anak-anak sejak kecil.

7. Membantu Pekerjaan Rumah

Setiap keluarga harus memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing, salah satu tugas yang harus dilakukan oleh seorang anak adalah dengan membantu pekerjaan rumah.

Sehingga semua pekerjaan tidak hanya dilakukan oleh Ibu, anak dan anggota keluarga bisa meringankannya.

8. Membuang Sampah

Memberikan tugas untuk membuang sampah adalah salah satu melatih tanggung jawab terhadap anak. Anak harus membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga lingkungan agar tidak kotor.

Baca Juga: 5 Manfaat Tanggung Jawab Bersama Membersihkan Rumah

Itulah beberapa bentuk tanggung jawab anak di rumah yang harus dilakukan. Namun orang tua harus mampu memberikan contoh bentuk tanggung jawab dan memberikan fasilitas untuk anak agar rajin belajar. (Umi)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *