Jakarta, WK MEDIA

Hasyim Djojohadikusumo mendatangi proyek pembangkit listrik listrik tenaga udara (PLTA) Kayan Cascade pada akhir Mei 2024 lalu.

Kedatangan adik Prabowo Subianto ke Kalimantan Utara itu terjadi setelah PT Kayan Hydro Energy (KHE) tak lagi terjadi dengan perusahaan Jepang bernama Sumitomo Corporation. Kerja sama dengan Sumitomo terjalin sejak tahun 2022 lalu, tetapi harus kandas karena perbedaan pendapat dan visi dalam urusan komersial.

CEO Arsari Group Hashim Djojohadikusumo disebut berminat untuk menambah modalnya dalam proyek di Kaltara itu. Ia mengaku sudah lama tertarik berinvestasi di sektor energi hijau.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Saya sudah lama tertarik untuk berinvestasi pada energi terbarukan dan ramah lingkungan,” kata Hashim, dikutip dari Nikkei AsiaSenin (3/6).

“Proyek energi bersih dan hijau inilah yang diidam-idamkan dunia. Saya harap semua pihak mendukung proyek yang sangat strategis ini. Kami mungkin akan segera masuk (ke proyek PLTA Kayan),” tambahnya.

PLTA Kayan terletak di Kecamatan Peso, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara dengan kapasitas 9.000 megawatt (MW). Proyek ini terdiri dari lima bendungan yang dibangun secara bertahap, di mana bendungan pertama yang ditargetkan selesai pada tahun 2027.

Bagi Hashim, listrik dari PLTA Kayan tak hanya untuk mengaliri kawasan industri di Kaltara. Ia menyebut pasokan listrik yang dihasilkan bisa disalurkan juga ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Sementara itu, Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang berharap proyek ini bisa menjadi ikon energi hijau di Indonesia. Selain itu, Zainal mengklaim ada potensi penciptaan lapangan kerja yang cukup besar.

Ia membayangkan ada sekitar 10 ribu pekerjaan kerja selama fase konstruksi. Kemudian, 3.000 pekerjaan lain di masa operasional PLTA Kayan Cascade yang diklaim dapat memberikan efek positif bagi perekonomian daerah.

“Saya berharap, semua pemangku kepentingan dapat berkolaborasi dengan pemerintah dan masyarakat agar pembangunan ini dapat berjalan lancar dan mencapai target,” kata Zainal, dikutip dari Antara.

[Gambas:Video CNN]

(skt/agt)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *