• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Apa Akibat Jika Kita Menggunakan Listrik Secara Berlebihan, Foto: Unsplash/FG Trade Latin.
Listrik adalah kebutuhan manusia yang tidak bisa terhindarikan karena saat ini semua kebutuhan memerlukannya. Apa akibat jika kita menggunakan listrik secara berlebihan? Penggunaan secara berlebihan akan menimbulkan masalah pada lingkungan.

Tanpa adanya energi listrik tidak bisa dibayangkan bagaimana jadinya kehidupan manusia di masa sekarang. Sedemikian vitalnya energi listrik membuat manusia membangun pembangkit tenaga listrik dalam skala ukuran dan macam untuk memenuhi kebutuhan listrik.

Akibat Penggunaan Listrik secara Berlebihan

Ilustrasi Apa Akibat Jika Kita Menggunakan Listrik Secara Berlebihan, Foto: Unsplash/Valentina Shilkina.
Dikutip dari buku Visi baru Kalimantan Timur 2025 karya Sofyan Hasdam (2007), listrik adalah kebutuhan manusia yang sangat penting. Apa akibat jika kita menggunakan listrik secara berlebihan? Ini jawaban lengkapnya.

Salah satu dampak yang banyak ditimbulkan adalah kontribusi terhadap efek rumah kaca. Efek rumah kaca adalah proses alami di mana atmosfer bumi dalam mempertahankan suhu sesuai dnegan kehidupan.

Produksi listrik dari bahan bakar fosil seperti batu bara dan minyak bumi dapat menghasilkan karbon dioksida (CO2) yang merupakan gas rumah kaca paling utama.

Pembangkit listrik konvensional menghasilkan banyak CO2, sedangkan sumber energi bersih hanya sedikit. Akibatnya, gas-gas rumah kaca terjebak di atmosfer, yang meningkatkan suhu Bumi.

Hujan asam adalah akibat dari akumulasi sulfur oksida (SOx) dan nitrogen oksida (NOx) di atmosfer. Sumber utama SOx adalah pembakaran bahan bakar fosil, seperti yang terjadi di pembangkit listrik.

Hujan asam ini menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan manusia. secara tidak langsung, hujan asam dapat mencemari air minum dengan logam beracun dan tanaman-tanaman yang dijadikan bahan pangan.

Penggunaan bahan bakar fosil yang berlebihan akan menghasilkan emisi gas rumah kaca yang berperan dalam pemanasan global. Pemanasan global dapat menimbulkan perubahan cuaca ekstrem seperti kekeringan, badai, banjir, dan perubahan iklim.

4. Kurangnya Cadangan Energi di Masa Depan

Semakin banyaknya energi yang digunakan saat ini akan semakin cepat cadangan energi yang dimiliki. Ini berarti generasi di masa depan mungkin akan menghadapi masalah kekurangan energi yang serius.

Demikian uraian jawaban mengenai soal apa akibat jika kita menggunakan listrik secara berlebihan. Gunakan listrik sesuai dengan kebutuhan agar tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lingkungan dan manusia. (Umi)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *