• Oktober 24, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi mengapa hak setiap orang harus dibatasi, sumber foto: unsplash.com/Boxed Water Is Better
Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang melekat pada diri seseorang dan wajib dihormati oleh orang lain. Namun, hak dan kewajiban tersebut sifatnya tidak bebas dan dibatasi. Lalu mengapa mengapa hak setiap orang harus dibatasi?

Ada beberapa alasan yang membuat hak setiap orang dibatasi. Salah satunya adalah dibatasi oleh hak orang lain, karena jika tidak dibatasi maka bisa melanggar hak orang lain dan menimbulkan perpecahan.

Mengapa Hak Setiap Orang harus Dibatasi? Ini Jawabannya

Ilustrasi mengapa hak setiap orang harus dibatasi, sumber foto: unsplash.com/Emile Guillemot

Jawaban pertanyaan tersebut harus dimulai dengan memahami apa yang dimaksud dengan hak terlebih dahulu. Dikutip dari buku Hak Asasi Manusia, Muhammad Ashri, (2018) pengertian hak adalah sesuatu yang dimiliki oleh setiap manusia tanpa terkecuali.

Hak adalah sesuatu yang tidak bisa dicabut atau diambil oleh siapa pun. Hak adalah sesuatu yang harus dihormati dan dilindungi oleh semua pihak. Lalu mengapa hak setiap orang harus dibatasi?

Meskipun tidak bisa dicabut dan harus dihormati orang lain, ada beberapa alasan mengapa hak seseorang harus dibatasi. Salah satu alasannya karena adanya hak orang lain. Jadi hak itu sendiri akan dibatasi oleh hak orang lain.

Karena jika tidak maka hak seseorang berpotensi untuk melanggar hak orang lain. Saling menghormati hak sendiri adalah kewajiban dari setiap orang. Berikut adalah beberapa alasan mengapa setiap orang harus menghormati hak orang lain:
Itulah penjelasan mengenai alasan mengapa hak setiap orang harus dibatasi. Hak sendiri dibatasi oleh hak yang dimiliki oleh orang lain. Sebab jika tidak ada pembatasan hak maka kehidupan tidak akan berjalan dengan baik dan damai. (WWN)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *