• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Apa Alasan Thomson Berpendapat bahwa Atom Merupakan Bola Pejal Bermuatan Positif. Sumber: Unsplash/Moritz Kindler
Ilustrasi Apa Alasan Thomson Berpendapat bahwa Atom Merupakan Bola Pejal Bermuatan Positif. Sumber: Unsplash/Moritz Kindler

Dalam fisika, ada banyak teori atom. Salah satunya yang paling terkenal adalah teori atom Thomson. Apa alasan Thomson berpendapat bahwa atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif?

Thomson memiliki teori dan pemikirannya tersendiri mengenai atom. Teori atom milik Thomson memperbaiki teori atom milik Dalton.

Apa Alasan Thomson Berpendapat bahwa Atom Merupakan Bola Pejal Bermuatan Positif? Ini Penjelasannya!

Ilustrasi Apa Alasan Thomson Berpendapat bahwa Atom Merupakan Bola Pejal Bermuatan Positif. Sumber: Unsplash/Hal Gatewood
Ilustrasi Apa Alasan Thomson Berpendapat bahwa Atom Merupakan Bola Pejal Bermuatan Positif. Sumber: Unsplash/Hal Gatewood

Atom tidak lepas dari ilmu Fisika. Atom berasal dari bahasa Yunani yaitu atomos yang artinya adalah “tidak” dan “terbagi”. Atom merupakan partikel-partikel kecil yang terdiri dari proton dan neuron yang dikelilingi oleh elektron.

Atom memiliki ukuran yang sangat kecil. Bahkan di zaman yang sudah modern seperti saat ini, belum ada alat yang mampu melihat atom secara langsung. Sejak dahulu terdapat berbagai teori mengenai atom.

Perkembangan mengenai teori atom dilakukan untuk menyempurnakan teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Ada banyak tokoh yang memiliki pemikiran berbeda tentang teori atom. Salah satu yang paling terkenal adalah milik J. J. Thomson.

Dikutip dari buku Fisika Modern, Teori, Soal, dan Pembahasan, Wilujeng (2021), model atom Thomson yaitu atom berbentuk bola padat dengan listrik positif yang tersebar merata di dalam bola.

Oleh sebab itu, model atom Thomson disebut sebagai model atom kue kismis. Apa alasan Thomson berpendapat bahwa atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif?

Pendapat tersebut berasal dari hasil percobaan yang dilakukannya. Pada percobaan tersebut, ditemukan bahwa sinar katode merupakan partikel penyusun atom yang bermuatan negatif. Selanjutnya partikel tersebut disebut sebagai elektron.

Elektron memiliki muatan negatif, sementara atom muatannya adalah netral. Maka dari itu, di dalam atom harus ada muatan listrik positif, partikel-partikel positif tersebutlah yang disebut sebagai bola pejal.

Dari teori atom Thomson, dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut.

  • Massa elektron atom lebih kecil dibandingkan dengan massa atom.

  • Atom bukan bagian terkecil dari suatu zat.

  • Atom muatan positif akan tersebar secara merata ke seluruh bagian atom. Atom tersebut akan dinetralkan oleh elektron yang tersebar di antara muatan-muatan positif.

  • Atom bersifat netral karena muatan atom positif dan juga negatif ada pada atom yang sama. Selain itu atom tidak memiliki muatan negatif serta positif yang berlebihan.

Baca juga: 3 Kelemahan Teori Atom Niels Bohr dalam Ilmu Kimia

Demikian jawaban dari soal “Apa alasan Thomson berpendapat bahwa atom merupakan bola pejal yang bermuatan positif?”. Semoga dapat menambah pengetahuan tentang Fisika. (FAR)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *