• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Sebutkan Alat dan Bahan untuk Membuat Batik Tulis, Sumber: Unsplash/Ed Us
Batik tulis merupakan warisan budaya Indonesia sehingga harus dilestarikan. Oleh sebab itu, berbagai hal mengenainya perlu diketahui. Salah satunya adalah jawaban dari “Sebutkan alat dan bahan untuk membuat batik tulis!”.

Alat dan bahan ini tentu berbeda dengan jenis-jenis batik lainnya. Namun, itulah yang membuat batik tulis memiliki ciri khas tersendiri.

Alat dan Bahan untuk Membuat Batik Tulis

Ilustrasi Sebutkan Alat dan Bahan untuk Membuat Batik Tulis, Sumber: Unsplash/Arief Santoso

Mengutip buku Teknologi Hijau Produksi Batik Tulis Tanjung Bumi, Dr. Amirullah, S. T., M. T. (2021: 3-4), batik tulis ialah kain yang dihias dengan tekstur dan corak batik dengan meenggunakan tangan.

Batik tulis dibuat menggunakan alat dan bahan tertentu. Jadi, produk berkualitas pun bisa dihasilkan. Berikut berbagai alat dan bahan untuk membuat batik tulis tersebut.

Canting merupakan alat yang identik dengan batik tulis. Alat seperti pena ini berguna untuk menggambar lilin pada kain.

Kain yang digunakan untuk membatik berjenis mori. Kain ini umumnya berasal dari serat alami.

Malam atau lilin berguna untuk membuat pola menjadi terlihat lebih jelas. Bahannya terbuat dari campuran lemak hewan, parafin, serta getah pinus.

Gawangan merupakan alat yang berfungsi untuk membentangkan kain untuk dibatik. Alat ini berbentuk kayu persegi panjang dan bisa diberdirikan.

Berbeda dengan alat masak pada umumnya, wajan untuk membuat batik berukuran kecil. Wajan ini menjadi wadah untuk mencairkan malam.

Sesuai namanya, zat ini berguna untuk mewarnai batik. Ada dua jenis zat yang biasa digunakan, yaitu sintetis atau buatan serta alami dari tumbuh-tumbuhan

Alat ini berfungsi untuk menyaring malam setelah dicairkan. Bentuknya seperti saringan pada umumnya.

Ember ini berfungsi untuk mencelup batik ke zat pewarna. Ember yang digunakan pun bisa beragam, tergantung pada kebutuhan.

Pensil digunakan untuk menggambar pola pada kain mori. Nantinya, canting yang berisi malam akan digunakan sesuai pola tersebut.

Kompor berfungsi untuk mencairkan lilin. Bentuknya kecil mengikuti ukuran wajan. Kompor harus selalu menyala agar lilin tetap cair selama proses membatik.

Alat ini berfungsi untuk menahan kain batik di gawangan. Jadi, batik tidak mudah bergeser saat dikerjakan.

Berbagai alat dan bahan untuk membuat batik tulis ini bisa diperoleh dengan mudah di toko-toko daring maupun luring. Jadi, siapapun bisa membelinya jika ingin mulai belajar membatik. (LOV)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *