• Oktober 28, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Anak Dikritik oleh Orang Lain? Ini Tips Menghadapinya!. Foto: Natee K Jindakum/Shutterstock
Moms, pernah mendengar gaya pengasuhan Anda dikritik dan bahkan sampai ngomongin anak juga? Fenomena ini terkadang tidak bisa dihindari. Ada saja keluarga, orang terdekat, bahkan yang tidak dikenal sekalipun bisa membicarakan anak Anda.

Saat mendengar gaya pengasuhan dikritik dan bahkan sampai menyinggung anak Anda, wajar bila seorang ibu akan membela serta bersikap defensif. Bahkan, sekalipun kritik tersebut mungkin terdengar ada benarnya.

Sebagai orang tua, kita juga tidak luput dari kesalahan dalam pengasuhan anak-anak kita. Termasuk juga hasilnya akan terlihat pada anak. Meskipun mereka masih muda, anak-anak cenderung memiliki kepribadiannya sendiri. Dan setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan dan kelemahannya masing-masing. Sehingga, kita tidak bisa membandingkan satu anak dengan yang lainnya.

Lantas, apa yang bisa orang tua lakukan saat mengetahui anak Anda dibicarakan oleh orang lain?

Tips Hadapi Orang Tua Lain yang Mengkritik Anak Anda

Ilustrasi anak sedih, murung, trauma. Foto: Thanes.Op/Shutterstock

1. Coba Pikirkan dari Perspektif Lain

Terkadang yang dibutuhkan adalah memahami perspektif lain terkait situasi yang dihadapi. Dikutip dari laman Moms, para ibu harus ingat bahwa ibu-ibu lain yang mengkritik anaknya mungkin punya pandangan masing-masing.

Sebab, Anda yang selama ini merawat dan mengasuhnya mungkin akan melihat si kecil adalah sosok yang paling sempurna. Sehingga, ketika anak dikritik oleh orang lain, mungkin tidak mudah bagi Anda untuk menerimanya.

Tetapi, para ibu harus ingat bahwa orang lain yang mengkritik anak Anda itu bisa jadi punya sudut pandang yang berbeda dan bisa lebih jujur. Meski terkadang sulit menerimanya, yang terbaik adalah memikirkan lagi dari sudut pandangnya secara kritis dan tidak memasukkan omongan yang negatif ke dalam hati.

Tetap tenang adalah hal terbaik bila ada ibu lain yang menghakimi atau bahkan mempermalukan anak Anda. Tetapi, setelah itu cobalah bersikap terbuka dan bertanya apa yang dipermasalahkan.

Beri tahu mereka juga bahwa Anda tidak bisa menerima perkataan yang buruk, dan sebaiknya sampaikan dengan ucapan yang lebih tepat.

3. Tetap Santai dan Tidak Ikut Emosi

Cara ini mungkin agak sulit dilakukan, tetapi bisa membantu untuk melindungi kesehatan mental Anda serta menghindari konfrontasi. Menurut Lighthouse Willis, ibu bisa meluangkan waktu sejenak untuk merespons secara singkat terhadap orang lain yang mengkritik anak Anda.

Jadi, bersikaplah elegan dan katakan, “Terima kasih atas kritikannya”. Ini adalah cara untuk mengakui apa yang dikatakan ibu lain, tetapi tidak sampai mengundang kritik lain.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *