• Oktober 26, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Anbleed Toothbrush, Sikat Gigi Anti Pendarahan Inovasi Mahasiswa di Surabaya

Banyaknya lansia serta para penderita sirosis hepatis lanjut yang mengalami gusi berdarah ketika menggosok gigi, mendorong lima mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) untuk membuat produk sikat gigi anti pendarahan.

Sikat gigi anti pendarahan atau Anbleed Toothbrush itu merupakan inovasi empat mahasiswa keperawatan dan 1 mahasiswa kebidanan.

"Inovasi sikat gigi ini berawal dari kasus-kasus pasien yang mengalami gangguan pada gigi dan mulut. Sehingga, dengan bahan bahan organik dan lembut, dapat membantu mereka," ujar salah satu mahasiswa, Mila Oktavia, Kamis (26/10).

"Karena sikat gigi ini dilapisi bantalan silikon, serta bulunya yang ekstra lembut, jadi mencegah pendarahan saat menyikat gigi. Efektif, dan sudah diuji juga," sambungnya.

Sikat gigi tersebut diciptakan dengan inovasi bahan yang ramah lingkungan serta fungsi yang bermanfaat, selain membersihkan gigi juga dapat mengurangi perdarahan pada gusi bagi para penggunanya.

Anbleed Toothbrush memiliki komposisi bahan baku gagang sikat dari bambu, di mana hasil riset menyatakan bambu memiliki antibakteri alami sehingga dapat mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri, serta bambu mudah dicari dan mudah tumbuh di mana saja.

Kemudian brush sikat terbuat dari nilon dengan ukuran mikro 0,1 mm, sehingga sangat lembut ketika digunakan untuk menyikat gigi. Serta bantalan silikon lunak pada kepala sikat yang berfungsi sebagai bantalan ketika menyikat gigi agar tidak terjadi gesekan keras antara gusi dan kepala sikat.

Mahasiswa lainnya, Dinda Roesa Putri mengaku, sikat gigi anti pendarahan ini telah melalui berbagai uji klinis, sehingga dapat dipasarkan secara komersial, bahkan kini sedang menanti hak paten.

“Produk kami ini sudah di tes keefektifannya, dapat membersihkan plak gigi dengan bulu sikatnya yang micro extrasoft. Sehingga para penggunanya tidak perlu khawatir lagi akan efisiensi produk kami dalam membersihkan gigi dengan nyaman dan aman," tuturnya.

"Dari konsumen yang mengalami gusi berdarah, itu banyak sekali yang mengalami perubahan ketika sudah memakai sikat gigi ini. Rata-rata mereka ada perbaikan, jadi tidak ada pendarahan," imbuhnya.sini

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *