• Januari 16, 2024
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA, Jakarta – Calon presiden nomor urut satu, Anies Baswedan menyebut akan menyiapkan sistem baru agar bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tepat sasaran dan menjangkau masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

Merujuk pada informasi dari Kementerian Keuangan, Anies mengatakan 89 persen subsidi BBM jenis solar dinikmati oleh kalangan dunia usaha. Sisanya, kata dia, dinikmati oleh masyarakat, yang bahkan hanya sebagian kecil masyarakat yang kurang mampu menikmati subsidi solar tersebut.

“Ini juga dialami di banyak tempat di kawasan kepulauan, tentu saja Maluku mengalaminya. Jadi, kami melihat bahwa banyak sekali subsidi BBM yang tidak tepat sasaran,” ujar Anies seperti pemantauan dari Jakarta, Senin, 15 Januari 2024.

Oleh karena itu, Anies menginginkan agar subsidi BBM tidak diterima oleh masyarakat mampu. Dia pun menilai segala sesuatu yang harganya di bawah harga pasar itu bersifat langka.

Lalu, bagaimana dengan pandangan calon presiden nomor urut dua dan tiga, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo?

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Erwin Aksa, mengatakan bahwa banyak hal yang perlu dikaji terkait BBM bersubsidi ini.

“Banyak yang harus dibenahin, keluhan masyarakat, bantuan tidak tepat sasaran,” kata Erwin ketika dihubungi Tempo, Selasa, 16 Januari 2024.

Menurutnya, pendataan soal masyarakat yang berhak menerima BBM sedang dilakukan dan belum diperbaiki dengan sempurna. “Yang paling penting bagi masyarakat itu BBM tersedia. Banyak nelayan kita yang tidak bisa melaut karena BBM-nya tidak ada,” tuturnya.

Selanjutnya: Rencana Prabowo dan Ganjar

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *