• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Presiden AS Joe Biden memberi isyarat di atas panggung di Washington Hilton di Washington, DC, 25 April 2023. Foto: Jim Watson / AFP
Presiden AS Joe Biden memberi isyarat di atas panggung di Washington Hilton di Washington, DC, 25 April 2023. Foto: Jim Watson / AFP

Presiden Amerika Serikat Joe Biden memerintahkan serangan terhadap dua fasilitas militer di Suriah. Biden mengatakan, perintah ini adalah balasan dari serangan Iran terhadap pasukan AS pekan lalu.

Pentagon bahkan memperingatkan, AS akan mengambil tindakan tambahan jika proksi Iran di Timur Tengah berlanjut.

Sebelum ini, dalam sepekan terakhir AS telah menyerang belasan sasaran di Irak dan Suriah yang diduga terkait Iran. Kelompok Hamas, Jihad Islam dan Hizbullah seluruhnya didukung Iran.

Menlu Iran Hossein Amirabdollahian pada Kamis (26/10) menegaskan, bila serangan Israel terhadap Hamas masih berlanjut maka, AS akan tidak akan terhindar dari serangan. Israel merupakan sekutu dekat Negeri Paman Sam.

Laporan Pentagon, pada Kamis ini militer AS menghantam dua fasilitas di timur Suriah. Sasaran itu digunakan oleh Garda Revolusi Iran dan kelompok pendukungnya.

"Serangan pertahanan diri ini merupakan respons dari rangkaian dan mayoritas serangan tidak berhasil terhadap pasukan AS di Irak dan Suriah yang dilakukan oleh milisi didukung Iran ada 17 Oktober 2023 lalu," kata Menhan AS Llyod Austin seperti dikutip dari Reuters.

Sementara itu, pada pesan yang dikirimkan Biden ke Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, terdapat peringatan atas serangan yang kerap dilakukan Iran kepada AS.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *