WK MEDIA STORE

Bank Jateng Raih Top BUMD 2024 Berkat Kontribusi Membangun Jawa Tengah – WK MEDIA


Jakarta, WK MEDIA

Bank Jateng kembali menorehkan prestasi gemilang dengan meraih penghargaan Top BUMD 2024 dengan Penyaluran Pembiayaan Produktif Mendukung Program Pemerintah Daerah pada ajang Indonesia Best BUMD Award 2024.

Bank Jateng menyabet penghargaan untuk kategori BPD dalam ajang Indonesia Best BUMD Award 2024 bertajuk “Credibility Catalyst to Develop Regional Economic” yang digelar di JS Luwansa Hotel & Convention Jakarta, Selasa (5/3).

Plt. Direktur Utama Bank Jateng, Irianto Harko Saputro mengatakan, penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen Bank Jateng dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan Jawa Tengah.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

“Terutama dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan pendapatan daerah,” kata Irianto.

Irianto mengungkapkan, Bank Jateng pada tahun 2023 ini telah membagikan dividen sebesar Rp1.099 triliun atau sebesar 69,3 persen dari laba bersih yang mencapai Rp1,58 triliun.

Selain itu, lanjut Irianto, kontribusi Bank Jateng dalam meningkatkan pendapatan daerah juga dilakukan melalui pengembangan layanan digital kepada pemerintah.

“Antara lain Cash Management System (CMS) Pemda, Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskudes) yang berbasis CMS sehingga membantu layanan transaksi non tunai bagi pemerintah desa di Jawa Tengah,” kata dia.

Irianto menambahkan, Bank Jateng juga berperan aktif dalam mengoptimalkan penerimaan pajak kendaraan bermotor melalui pengembangan sistem pembayaran pajak online melalui aplikasi Sakpole. Apkikasi ini terintegrasi dengan kanal pembayaran Bank Jateng seperti Bima Mobile dan Internet Banking Bank Jateng.

Di sisi lain, Bank Jateng juga menunjukkan komitmennya dalam pembangunan daerah melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang disinergikan dengan program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Program TJSL Bank Jateng fokus pada berbagai prioritas penting diantaranya penanganan kemiskinan ekstrem (PKE) untuk rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dan program pencegahan stunting

“Untuk program pencegahan stunting Bank Jateng merupakan satu-satunya Bank Pembangunan Daerah yang mendapatkan penghargaan nasional untuk Kategori Mitra Filantropi yang diserahkan oleh wakil presiden tanggal 06 Oktober 2023,” ujarnya.

“Lalu ada juga program unggulan lainnya berupa program pemberian keterampilan agar siswa binaan mempunyai jiwa kewirausahaan dan siap pakai di dunia kerja,” tambah Irianto.

Lebih lanjut Irianto mengatakan, dalam rangka memajukan pembangunan daerah, Bank Jateng terus melakukan transformasi dengan lebih fokus menyalurkan kredit kepada sektor usaha produktif, khususnya UMKM. Pada akhir Desember 2023, penyaluran kredit segmen ritel dan UMKM telah mencapai Rp15,78 triliun dan tumbuh 23,38 persen.

Sementara untuk tahun 2024, Irianto optimis pertumbuhan kredit Bank Jateng akan lebih tinggi lagi, terutama kredit UMKM.

“Tahun ini, Bank Jateng dipercaya Pemerintah untuk menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Rp6 triliun,” simpulnya.

(ori/ori)


Source link

Exit mobile version