• Oktober 19, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Bank of China Foto: REUTERS/Chris Helgren
Bank of China Foto: REUTERS/Chris Helgren

Bank of China (BOC) mengucurkan kredit untuk lebih dari 1.000 proyek di Belt and Road Forum dengan gabungan nilai melebihi USD 290 miliar atau setara Rp 4.595 triliun (asumsi kurs Rp 15.846 per dolar AS).

Belt and Road Initiative, merupakan program yang diperkenalkan oleh Presiden China Xi Jinping pada 2013 dengan nama One Belt One Road (OBOR).

Mengutip China Daily, Kamis (19/10), Bank of China merupakan lembaga keuangan China terkemuka dalam membantu dunia usaha di negara Belt and Road untuk mengumpulkan dana melalui penerbitan Panda Bonds. Panda Bonds merupakan utang dalam mata uang renminbi yang dijual oleh penerbit surat utang di China.

Sejumlah proyek penting yang telah mendapat dana dari Bank of China yaitu Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh, Kereta Api Tiongkok-Laos, pelabuhan Chancay di Peru dan fasilitas pembangkit listrik tenaga angin Bukhara di Uzbekistan.

Beberapa proyek kecil yang didukung oleh BOC antara lain Rumah Sakit Doboj di Bosnia dan Herzegovina memiliki peran penting. Proyek ini membantu meningkatkan manfaat bagi penduduk setempat.

Gedung Commercial Bank of China ( ICBC ) Foto: REUTERS/Stringer
Gedung Commercial Bank of China ( ICBC ) Foto: REUTERS/Stringer

Untuk membantu penggalangan dana bagi negara yang terlibat dalam Belt and Road Initiative, Bank of China bekerja sama dengan sejumlah lembaga keuangan internasional untuk menambah produk dan layanannya.

BOC telah berjalan selama 111 tahun dan memiliki jaringan operasional yang tersebar di luar negeri. Bank tersebut menawarkan layanan kepada negara yang terlibat dalam Belt and Road Initiative untuk membantu pertumbuhan serta memberi manfaat bagi masyarakat lokal.

Bank ini menjembatani China dengan negara lain yang terlibat dalam inisiatif melalui pengembangan operasi yang berkelanjutan di sana. Operasional bank tersebut kini telah mencakup 64 negara dan wilayah di luar negeri, termasuk 44 negara dan wilayah yang terlibat dalam Belt and Road Initiative.

BOC kini menjadi bank terkemuka di China terkait jumlah negara Belt and Road yang dilayani. Di saat bersamaan, BOC berkomitmen membantu fasilitas perdagangan dan investasi di negara-negara Belt and Road melalui peningkatan kerja sama dalam penggunaan mata uang China serta pembayaran.

https://www.instagram.com/p/CykISN2NPvz


]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *