• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Rosan Roeslani. Foto: Instagram/@rosanroeslani
Rosan Roeslani mundur dari jabatannya sebagai Wakil Menteri (Wamen) BUMN usai dirinya menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Padahal jabatan Wamen BUMN itu baru diembannya kurang lebih 3 bulan.
Rosan dilantik Presiden Jokowi menjadi Wamen BUMN pada Senin, 17 Juli 2023. Saat itu dia menggantikan Pahala N. Mansury yang digeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Namun, sejak kemarin, Selasa (24/10), dia mengajukan surat pengunduran diri ke Presiden Jokowi dan disetujui hari ini.

“Presiden telah mengabulkan permohonan pengunduran diri Wamen BUMN, Rosan P. Roeslani,” kata Koordinator Staf Presiden Ari Dwipayana kepada wartawan, Rabu (25/10).

Dengan mundur dari kursi Wamen BUMN, Rosan juga secara otomatis tidak lagi menjadi Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Sebab jabatan itu dia dapatkan saat menggantikan Pahala tiga bulan lalu sebagai wakil dari Kementerian BUMN. Namun belum ada pernyataan soal ini dari Kementerian BUMN. Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga hanya menjawab singkat soal keputusan Rosan mundur.

“Semua diserahkan dan kewenangan Pak Presiden,” kata Arya.

Selain kejelasan posisinya di Dewan Komisaris Pertamina, belum ada juga kepastian status Rosan yang kini masih menjabat sebagai Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia. Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir menyebut statusnya di Kedutaan AS baru habis Desember 2023.

Profil Rosan dan Perjalanan Bisnisnya

Sebelum terjun ke pemerintahan dan politik, Rosan sebelumnya dikenal sebagai pengusaha. Pada 1996, dia mendirikan perusahaan penasihat keuangan bersama Sandiaga Uno. Perusahaan diberi nama Finance Indonesia.

Seiring dengan berkembangnya bisnis dia, Finance Indonesia berubaha nama menjadi Recapital pada 2002 yang bergerak di finansial dan perbankan, memperluas sayapnya ke sektor-sektor industri seperti sektor pertambangan, infrastruktur, properti, hingga media dan komunikasi.

Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani dalam acara kunjungan ke Hyperscale Data Center milik Telkom Data Ekosistem (NeutraDC), anak usaha TelkomGroup di Cikarang, Senin (16/10). Foto: Dok. Telkom

Lini usaha Recapital antara lain Recapital Securities, Recapital Asset Management, Global Sarana Lintas Artha, Recapital Life Insurance (Relife), Recapital General Insurance (Reguard), dan Bank Pundi.

Di organisasi, Rosan pernah menjadi Ketua Umum Indonesia periode 2015-2021 dan juga Ketua Satuan Tugas Omnibus Law. Organisasi para pengusaha itu kini dipegang Arsjad Rasjid yang baru-baru ini cuti karena menjadi Timses Ganjar-Mahfud MD.

Lahir di Jakarta, 31 Desember 1968, Dubes Roeslani memulai karier di bidang keuangan dan bisnis. Semangatnya di bidang itu serta membina pemimpin bisnis muda, telah membawanya menduduki beberapa posisi di awal karier, seperti Penasihat Keuangan Asosiasi Koperasi Batik Indonesia (1997-2002) dan Wakil Bendahara Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (2005-2008).

Rosan juga pernah memegang posisi sebagai Ketua Badan Penasihat Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) tahun 2019-2021. Dia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Satgas Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) tahun 2020-2021 serta Wakil Ketua Courtesy Board Masyarakat Ekonomi Syariah Indonesia.

Pendukung menyaksikan deklarasi pasangan capres Prabowo Subianto dan cawapres Gibran Rakabuming Raka yang didukung Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebelum melakukan pendaftaran menuju Gedung KPU di Indonesia Arena, Jakarta, Rabu (25/10/2023). Foto: Galih Pradipta/Antara Foto

Rosan memegang posisi sebagai Ketua Misi Kontingen Olimpiade Indonesia untuk Olimpiade Tokyo 2020 (2021). Beliau juga merupakan Ketua Persatuan Angkat Besi Indonesia (PABSI) sejak tahun 2015.

Dubes Rosan menempuh pendidikan S1 Keuangan di Oklahoma State University (1998-1992) dan meraih gelar MBA dari European University, Antwerpen, Belgia (1993-1994).

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *