• Oktober 21, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Bisakah kita menciptakan energi?. Sumber: pexels.com
Energi merupakan bagian dari ilmu sains yang tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari manusia. Sebab, seluruh kegiatan manusia membutuhkan energi dalam berbagai bentuk. Lantas, sebenarnya bisakah kita menciptakan energi?

Banyaknya energi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari memang kerap membuat banyak orang bertanya-tanya tentang hal tersebut. Hal ini karena tak jarang ada beberapa jenis energi yang membutuhkan bantuan tangan manusia itu sendiri.

Bisakah Kita Menciptakan Energi?

Bisakah kita menciptakan energi?. Sumber: pexels.com

Mengutip dari buku Upaya Indonesia dalam Percepatan Penggunaan Energi Bersih, Rini Ariani, Achmad Irwan Hamzani, dan Kanti Rahayu (2022:54), energi adalah sumber daya yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan termasuk bahan bakar, listrik, energi mekanik, dan panas.

Sedangkan menurut Undang-Undang RI Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi, dalam Bab I Ketentuan Umum Pasal 1 Ayat (1), pengertian energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja yang dapat berupa panas, cahaya, mekanika, kimia, dan elektromagnetika.

Jadi, sebenarnya bisakah kita menciptakan energi? Dalam ilmu sains, manusia tidak bisa menciptakan energi. Bukan hanya itu, manusia juga tidak bisa menghilangkan maupun memusnahkan energi.

Dengan kata lain, pada jenis energi yang membutuhkan bantuan manusia, itu bukanlah energi yang dihasilkan oleh manusia, melainkan hanya berupa perubahan atau transformasi energi.

Manusia hanya dapat mengubah bentuk energi dengan bantuan peralatan atau perkakas tertentu. Contohnya seperti mengubah energi listrik menjadi energi cahaya, panas, dan gerak melalui alat tertentu.

Nantinya, alat dan perkakas tersebut akan mengubah energi menjadi bentuk energi yang lainnya sehingga bisa dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini ada banyak sekali contoh alat dan fasilitas yang menggunakan energi listrik dan bisa berubah menjadi energi lain atas bantuan manusia.

Misalnya, kipas angin, lampu, setrika listrik, dan lain sebagainya. Meski mayoritas jenis energi yang bisa diubah adalah energi listrik, tetapi sebenarnya banyak contoh bentuk energi lain yang ada di lingkungan sekitar. Contohnya energi cahaya, energi panas, energi kimia, dan lainnya.

Demikian penjelasan mengenai pertanyaan ‘bisakah kita menciptakan energi?’ menurut pandangan ilmu sains. (Anne)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *