• Oktober 23, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi lalu lintas jalan raya saat hujan. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Ilustrasi lalu lintas jalan raya saat hujan. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Beberapa hari ini sejumlah daerah di Sumatera Selatan (Sumsel) terutama di Palembang diguyur hujan dan membuat kabut asap berkurang serta kualitas udara pun ikut membaik.

Namun Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Palembang masih terbilang tinggi dengan status tidak sehat. Seperti pada siang ini Senin (23/10/2023) ISPU Palembang di angka 174 mikrogram per meter kubik.

"Berdasarkan pantauan kami, ISPU yang tinggi karena hujan belum turun secara merata pada wilayah yang merupakan sumber karhutla," ungkap Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Sumsel, Wandayantolis, Senin (23/10/2023).

Hingga siang ini, kondisi titik panas di Sumsel terdeteksi adq 159 titik yang tersebar di Banyuasin, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir. Lalu Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur dan Prabumulih.

"Hujan hanya turun di spot tertentu, tidak meluas. Sehingga hotspot belum padam semua," ujar dia.

Meski sempat ada klaim dari BMKG Raden Inten II Lampung, Wandayantolis membantah asap yang terjadi di Palembang berkaitan dengan asap kiriman dari provinsi tetangga. Menurutnya asap masih didominasi oleh kabupaten di sekitar Palembang.

"Kalau asap dari Lampung kami belum bisa memastikan," jelas dia.

Berdasarkan prakiraan BMKG pada hari ini, Senin (23/10/2023), kondisi cuaca di Sumatera Selatan pada pagi hari cerah dan berawan.

Kemudian memasuki siang hingga sore, cuaca berawan dengan potensi hujan sedang berlangsung, di wilayah Musi Banyuasin dan Banyuasin; potensi hujan ringan di wilayah Empat Lawang, Pagar Alam, PALI, Prabumulih, Lubuk Linggau, Musi Rawas Utara, Palembang, Ogan Ilir dan Musi Rawas.

Lalu, pada malam hari, cuaca cerah berawan dengan potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Empat Lawang dan Lahat; potensi hujan ringan di wilayah Pagar Alam, PALI, Prabumulih dan Lubuk Linggau.

Selanjutnya, pada dini hari, kondisi cuaca cerah berawan dengan potensi potensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin dan Musi Rawas Utara. Untuk suhu udara Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI mencapai 24 hingga 36 derajat selsius dengan kelembaban udara 45 persen sampai 95 persen.

Sedangkan suhu udara wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan mencapai 19 hingga 33 derajat celsius dengan Kelembaban udara 55 persen sampai 98 persen.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *