• Oktober 24, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

CEO TikTok, Shou Zi Chew. Foto: Fariza Rizky Ananda/kumparan
CEO TikTok, Shou Zi Chew. Foto: Fariza Rizky Ananda/kumparan

CEO Tiktok, Show Zi Chew, telah mengajukan permintaan untuk bertemu Presiden Jokowi. Hal itu diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM), Teten Masduki.

“CEO Tiktok sudah mengajukan bertemu dengan Presiden, jadi ya Indonesia sih terbuka dengan investasi asing termasuk untuk (bikin) e-commerce,” tutur Teten saat ditemui di kawasan Kebon Sirih, Jakarta pada Selasa (24/10).

Teten belum dapat memastikan kapan pertemuan tersebut akan digelar. Namun menurutnya hingga kini surat tersebut telah diajukan kepada Presiden Jokowi.

“Surat sudah diajukan. Paling enggak (pertemuan) pekan depan,” lanjut Teten.

Menteri Koperasi dan UKM (MenKop UKM) Teten Masduki bertemu dengan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Afif Hasbullah di Kantor Kemenkop UKM, Jumat (6/10/2023).  Foto: Kemenkop UKM
Menteri Koperasi dan UKM (MenKop UKM) Teten Masduki bertemu dengan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M Afif Hasbullah di Kantor Kemenkop UKM, Jumat (6/10/2023). Foto: Kemenkop UKM

Dia belum bisa memastikan agenda yang akan disampaikan Bos TikTok tersebut, karena masih akan mendengar maksud pertemuannya.

Dalam hal ini, ujar Teten, Indonesia membuka lebar pihak asing untuk menanamkan modal usaha di Indonesia, termasuk e-commerce. Sebelumnya Pemerintah Indonesia melarang fitur jual beli TikTok Shop di platform media sosial itu.

“Untuk membahas TikTok akan di sini atau engga, ya harus buka platform baru atau mungkin investasi di platform lokal kan bisa juga, kita belum tahu nanti kita dengar,” tambah Teten.

Kalaupun TikTok akan membuat e-commerce di Indonesia, Menkop UKM menegaskan hal itu harus melalui proses perizinan e-commerce yang melibatkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag).


]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *