• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Direktur Utama BEI Iman Rachman dalam acara Capital Market Summit & Expo 2023, Jumat (27/10).  Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan
Direktur Utama BEI Iman Rachman dalam acara Capital Market Summit & Expo 2023, Jumat (27/10). Foto: Ave Airiza Gunanto/kumparan

Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Iman Rachman mencatat perusahaan BUMN yang melantai di BEI berkontribusi sebesar Rp 33 triliun kepada APBN di tahun 2022. Kontribusi itu berbentuk pembagian dividen.

"Kontribusi nyata BUMN dan afiliasinya yang mencatatkan saham, salah satunya tercermin dari pembagian dividen yang diatribusikan menjadi penerimaan negara," kata Iman dalam acara Capital Market Summit & Expo 2023, Jumat (27/10).

"Pada 2022 BUMN yang sahamnya tercatat di bursa, mampu berkontribusi kepada APBN sebesar Rp 33 triliun atau 82,5 persen dari total seluruh BUMN," tambahnya.

Di sisi lain, pertumbuhan sektor BUMN dan entitas go public juga tercermin dari nilai perusahaan yang meningkat setelah IPO. Nilai perusahaan dapat dilihat dari kapitalisasi pasar saham-saham perusahaan BUMN dan afiliasi pasar modal.

Dia mencontohkan, beberapa perusahaan BUMN seperti ANTM naik 2,45 persen. Kemudian PTBA naik 2z457 persen, dan SMRG naik 8,71 persen.

"Secara keseluruhan kapitalisasi pasar BUMN dan entitas yang telah tercatat di BEI yang jumlahnya 4,1 persen dari seluruh perusahaan tercatat, ternyata mampu menyumbang 22 persen dari total market cap perusahaan tercatat di BEI," jelas dia.

Tak hanya itu, performa baik BUMN juga tercermun dari sisi likuiditas perdagangan. Salah satunya BUMN mampu menyimbangkan 25 persen daru trading volume di BEI.

"Ini menunjukkan bahwa perusahaan BUMN dan afiliasinya diminati oleh investor," tegas Iman.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *