• Januari 21, 2024
  • ardwk
  • 0


Jakarta, WK MEDIA

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 alias Muhaimin Iskandar Cak Imin dan cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berjanji akan menaikkan anggaran dana desa jika terpilih dalam Pilpres 2024.

Cak Imin mengatakan akan menambah anggaran desa menjadi Rp5 miliar per desa. Hal itu ia sampaikan saat ditanya strategi agar desa tidak ditinggal oleh masyarakat.

“Nanti ke depan kita akan siapkan lagi naikkan lagi anggaran Rp5 miliar per desa. Agar tidak hanya infrastrukturnya saja yang baik tapi juga ada kehidupan ekonomi yang tumbuh melalui bumdes, melalui kegiatan wirausaha yang tumbuh, pertanian, peternakan, ekonomi kreatif tumbuh di desa,” katanya dalam debat cawapres, Minggu (21/1).

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Cak Imin menyebut dengan infrastruktur yang terbangun dan kegiatan ekonomi yang memadai, desa akan terjaga menjadi komunitas yang bersedia. Sehingga masyarakat tidak tertarik melakukan urbanisasi.

Senada, Gibran juga berjanji akan menaikkan anggaran dana desa. Ia mengatakan sejauh ini dana desa telah terbukti mengurangi jumlah desa yang tertinggal.

“Oleh karena itu anggaran dana desa akan ditingkatkan sesuai dengan kekuatan fiskal di dalam negeri,” imbuhnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat kandidat Pilpres 2024 yang keempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu malam (21/1).

Kali ini untuk calon wakil presiden yang menyampaikan gagasan. Mereka adalah Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka dan Mahfud MD.

Tema yang dibahas seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Debat dipandu oleh dua moderator perempuan yakni Jurnalis SCTV Retno Pinasti dan Jurnalis Metro TV Zilvia Iskandar.

Debat kali ini juga merupakan momen kedua bagi para cawapres yang menghasilkan gagasan. Sebelumnya mereka telah mengikuti debat pada 22 Desember 2023 lalu.

[Gambas:Video CNN]

(fby/sfr)



Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *