• Januari 16, 2024
  • ardwk
  • 0


Jakarta, WK MEDIA

Calon Wakil Presiden nomor urut 1 alias Muhaimin Iskandar Cak Imin mengkritik proyek lumbung pangan atau perkebunan makanan di hadapan warga Probolinggo, termasuk para petaninya, dalam agenda ‘Slepet Imin’, Minggu (14/1) petang.

“Ada yang bilang bagaimana caranya agar cepat produksi pangan kita naik, maka ada izin food estate. Food estate itu membabat hutan, lalu menanam dengan jumlah yang banyak tetapi perencanaannya belum matang,” ujar Cak Imin di J’BING 3 Rest Area Cafe & Resto Probolinggo.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai akan lebih baik memberdayakan petani sebagai kekuatan produksi pangan nasional dibandingkan food estate yang dinilai gagal oleh banyak pihak.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Menurut dia, permasalahan yang ada di sektor pertanian termasuk pupuk langka dan mahal hanya bisa diselesaikan oleh presiden dan wakil presiden.

“Saya mendengar petani itu pupuk baseball ada, bibit jelek, begitu panen harganya rendah. Kita, AMIN, kalau menang, petani harus nyaman bekerja, seluruh kebutuhan tanam dan produksi tersedia, panen hasilnya bagus sehingga petani bekerja, menguntungkan, punya tabungan dan bahagia, “kata dia.

“Di situ pangan tersedia. Jangan pangan tersedia tapi petani jadi penonton. Itu enggak boleh. Oleh karena itu, food estate kita hentikan. Kita ganti petani yang melahirkan pangan nasional,” tutupnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan lebih memilih program kontrak pertanian atau kontrak pertanian dibandingkan food estate. Alasannya, uang dari food estate tidak mengalir ke masyarakat tetapi ke korporasi.

“Sentra-sentra pertanian yang sekarang ada itu dijadikan mitra, bisa BUMD, BUMN, swasta, tapi pemerintah menyiapkan regulasinya, sehingga memungkinkan produk pertanian mereka langsung bisa diambil oleh masyarakat yang membutuhkan melalui badan-badan usaha itu,” kata Anies saat berkampanye di kebun petani hortikultura Pangalengan, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 29 November 2023 lalu.

Anies berpendapat cara tersebut lebih adil. Sementara itu, dengan food estate, dana yang ada diberikan ke tempat lain yang dikelola korporasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta menyatakan dana itu seharusnya bisa diterima langsung oleh rakyat. Anies menyebut hal ini menjadi alasan ia dan Cak Imin mendorong pertanian kontrak.

Setidaknya ada lima agenda yang sudah dan hendak dijalani oleh Cak Imin di Jawa Timur pada hari ini. Kegiatan tersebut ada yang berupa kampanye, juga silaturahmi.

Yakni haul masyayikh ke-21 dan Silaturahmi Nasional Alumni Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini; sowan ke Kiai Bahar di Kraton Pasuruan; peneguhan tekad habib, ulama dan guru ngaji se-Probolinggo Raya untuk pasangan AMIN; slepet Imin x pelaku ekonomi kreatif di Probolinggo; dan konsolidasi pemenangan AMIN oleh laskar santri di Probolinggo.

[Gambas:Video CNN]

(ryn/pta)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *