• Januari 16, 2024
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA, JakartaDirektorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan daftar nama jemaah haji reguler yang masuk alokasi kuota 1445 Hijriah/2024 Masehi.

“Alhamdulillah, proses verifikasi daftar nama jemaah haji kuota reguler tahun 1445 Hijriah atau 2024 Masehi sudah selesai. Saya sudah menerbitkan Keputusan Dirjen (Direktur Jenderal) PHU terkait itu. Daftar nama tersebut sudah dirilis dan dikirimkan ke Kanwil (Kantor Wilayah) Kemenag Provinsi seluruh Indonesia untuk segera ditindaklanjuti,” ujar Dirjen PHU Hilman Latief dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 8 Januari 2024.

Hilman menjelaskan bahwa Arab Saudi menetapkan jumlah kuota haji Indonesia pada tahun 2024 sebanyak 241.000 orang atau bertambah 20.000 dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah itu terdiri atas 221.720 untuk jemaah haji reguler dan 19.280 untuk jemaah haji khusus.

“Alhamdulillah tahun ini Indonesia mendapat tambahan 20.000 kuota, jika sebelumnya jumlah kuota haji 221.000, sekarang 241.000. Saya berharap, dengan adanya tambahan kuota haji ini dapat membuka kesempatan kepada umat Islam untuk berhaji,” ucap dia.

Lalu bagaimana cara mengetahui daftar nama jemaah haji reguler 2024?

Cara Cek Daftar Nama Jemaah Haji 2024

Berikut langkah-langkah untuk melihat daftar nama jemaah haji kuota tahun 2024:

– Kunjungi situs bit.ly/hajireguler2024.

– Selanjutnya, calon jemaah haji akan diarahkan ke halaman Google Drive.

– Di dalam Google Drive, terdapat dua kotak penyimpanan, yaitu “Cadangan TTE” dan “Urut Porsi & Lansia”.

– Calon jemaah haji dapat melihat daftar nama pada kotak berkas Urut Porsi & Lansia terlebih dahulu.

– Daftar nama calon jemaah disusun berdasarkan daerah.

– Daftar nama jemaah haji 2024 disusun dengan menyebutkan nomor porsi, nama lengkap, tanggal lahir, dan alamat.

– Calon jemaah haji dapat menggunakan fitur pencarian dengan memasukkan nomor porsi atau nama lengkap untuk memudahkan proses pencarian.

– Apabila nama calon jemaah haji tidak ditemukan, maka masyarakat dapat mencoba melihat di kotak berkas Cadangan TTE.

Iklan

Selain itu, calon jemaah haji juga dapat melihat waktu keberangkatan di situs web yang disediakan oleh Kemenag. Berikut tata caranya:

– Pergi ke laman https://haji.kemenag.go.id/v5/.

– Gulir layar hingga menemukan kolom Estimasi Keberangkatan.

– Masukkan 10 digit nomor porsi dan captcha.

– Tekan tombol Cari.

– Apabila masuk kuota haji 2024, maka data jemaah haji akan muncul.

Cara Pelunasan Biaya Haji 2024

Jemaah haji reguler yang namanya tercantum dalam daftar diimbau untuk mempersiapkan proses pelunasan biaya haji. Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) tahap pertama dibuka pada Rabu, 10 Januari 2024 hingga Senin, 12 Februari 2024.

“Jemaah yang namanya sudah masuk ke dalam alokasi kuota haji 1445 Hijriah/2024 Masehi, kami imbau agar segera melakukan pelunasan di Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH). Waktu pelunasan Bipih reguler dilaksanakan mulai pukul 08.00 hingga 15.00,” kata Juru Bicara Kemenag, Anna Hasbie di Jeddah dalam keterangannya, Selasa, 9 Januari 2024.

Anna kondisi, pelunasan Bipih tahap pertama dapat dilakukan jemaah haji reguler yang memenuhi kriteria, yaitu jemaah haji reguler sesuai nomor urut porsi keberangkatan 1445 Hijriah/2024 Masehi, jemaah haji reguler yang masuk prioritas lanjut usia (lansia), serta jemaah haji reguler yang masuk dalam urutan nomor porsi cadangan.

Anna juga mengimbau jemaah haji untuk mengikuti kegiatan pemeriksaan kesehatan. “Jangan lupa melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Karena istithaah kesehatan haji mulai tahun 2024 menjadi syarat pelunasan,” ujarnya.

MELYNDA DWI PUSPITA

Pilihan Editor: Ganjar Berharap Kasus Wadas dan Semen Rembang Dibahas di Debat Calon Presiden

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *