• Maret 12, 2024
  • ardwk
  • 0


Jakarta, WK MEDIA

Pemerintah kembali menggelar program mudik menggunakan motor melalui moda transportasi kereta api gratis pada periode arus mudik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah 2024.

Mudik motor gratis adalah program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik menggunakan motor dan akan diangkut menggunakan kereta api secara gratis.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Program tersebut dilaksanakan dengan tujuan meminimalisir jumlah dan angka kecelakaan roda dua di jalanan saat mudik Lebaran.

Bagi masyarakat yang ingin mudik membawa sepeda motor hanya perlu membayar untuk tarif penumpang yang besarnya sesuai tujuannya. Sedangkan untuk motor gratis.

“Masyarakat memiliki kesempatan untuk membeli 2 tiket penumpang dengan tarif Rp0 untuk angkutan motor dan hanya Rp10 ribu sampai dengan Rp20 ribu untuk tarif penumpangnya,” ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulis, Selasa (12/3).

[Gambas:Video CNN]

Pendaftaran program mudik motor gratis 2024 ini telah dimulai sejak 4 Maret hingga 18 April. Sedangkan periode keberangkatannya adalah 2-8 April untuk arus mudik dan 13-19 April untuk arus balik.

Untuk bisa menikmati program ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:

– Memiliki KTP, SIM yang masih berlaku, Kartu Keluarga, STNK;
– Besaran Motor <200 CC;
– Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjutkan dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk;
– Mendaftar dengan menyampaikan email aktif.

Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan untuk mudik motor gratis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu:

1. Lintas Utara (PP): Cilegon-Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Tegal-Pekalongan-Semarang Tawang.
2. Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang-Cirebon Prujakan-Purwokerto-Kroya-Kutoarjo.
3. Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang-Kiaracondong-Kroya-Gombong-Kebumen-Lempuyangan-Purwosari-Madiun.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Kementerian Perhubungan Arif Anwar berharap penyelenggaraan angkutan motor gratis kali ini dapat menarik minat lebih banyak masyarakat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Ayo manfaatkan Motis (motor gratis) 2024 dan jangan memaksakan diri mudik naik motor karena sangat berbahaya bagi diri kita dan pengendara lainnya,” tutur Arif.

(ldy/chri)


Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *