• Oktober 21, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi bagaimana cara membuat puisi dan cerita fantasi yang menarik? Sumber: pexels.com/Min An
Bagaimana membuat puisi dan cerita fantasi yang menarik untuk pembaca? Pertanyaan ini sering diajukan oleh siswa yang sedang belajar membuat puisi dan cerita fantasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia.

Puisi dan cerita fantasi adalah dua karya sastra yang memiliki ciri khas yang berbeda. Ciri khas puisi dan cerita fantasi antara lain gaya bahasa, diksi, alur, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Puisi dan Cerita Fantasi yang Menarik

Ilustrasi bagaimana membuat puisi dan cerita fantasi yang menarik? Sumber: pexels.com/Suzy Hazelwood
Berikut ini adalah pengertian puisi dan cerita fantasi serta cara membuat puisi dan cerita fantasi yang menarik bagi pembaca.

1. Cara Membuat Puisi yang Menarik

Mengutip buku Seni Mengenal Puisi, Agnes Pitaloka dan Amelia Sundari (2020: 9), puisi secara umum adalah suatu karya sastra yang berasal dari ungkapan atau curahan hati penyair. Puisi adalah bentuk ekspresi diri yang menggambarkan imajinasi dan berbagai perasaan yang dialami penulisnya.

Puisi tersusun atas bahasa yang indah dan padat makna. Dalam membuat puisi yang menarik, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diterapkan.

2. Cara Membuat Cerita Fantasi yang Menarik

Cerita fantasi adalah salah satu genre cerita fiksi yang terkenal di seluruh dunia. Ada berbagai karya populer yang bergense fantasi, contohnya adalah The Lord of The Ring karya J.R.R Tolkien.

Mengutip buku Teks Cerita Fantasi, Marie Muhammad, Lulu Novita Sari, Putri Wahyuni, dan Nova Elovani Br Sitepu (2020: 7), cerita fantasi merupakan sebuah karya tulis yang dibangun menggunakan alur cerita yang normal, tetapi memiliki sifat imajinatif atau khayalan semata. Ciri-ciri cerita fantasi adalah memiliki keajaiban, kemisteriusan dalam ceritanya.

Cerita fantasi juga menggunakan berbagai latar lintas ruang dan waktu, serta tokoh yang unik. Cara membuat cerita fantasi yang menarik untuk pembaca adalah sebagai berikut.

Langkah-langkah membuat puisi dan cerita fantasi yang menarik ini dapat diterapkan saat menulis karya sastra puisi dan cerita fantasi. Semoga bermanfaat dan selamat menulis! (IND)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *