• Oktober 20, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Sebutkan Cara Meminimalisasi Sampah Plastik, Foto: Unsplash/worradirek.
Saat ini sampah plastik menjadi limbah yang paling banyak menimbulkan tumpukan. Perlu adanya edukasi mengenai penggunaan dan bahaya plastik jika digunakan terus. Sebutkan cara meminimalisasi sampah plastik agar tidak semakin banyak!

Plastik memang digunakan sebagai alternatif utama karena sifatnya yang ringan dan mudah dibuat menjadi apapun. Namun, penggunaannya yang semakin banyak akan menimbulkan bahaya bagi lingkungan.

Cara Meminimalisasi Sampah Plastik

Ilustrasi Sebutkan Cara Meminimalisasi Sampah Plastik, Foto: Unsplash/Yevhen Smyk.
Dikutip dari buku Dari Sampah Plastik Menjadi Bensin Solar karya Wega Trisunaryanti (2016: 1), limbah plastik baik yang berasal dari industri maupun domestik.

Limbah ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan seiring dengan meningkatnya kebutuhan rumah tangga di dunia. Sebutkan cara meminimalisasi sampah plastik! Ini cara yang bisa dilakukan.

1. Membawa Tas Belanja Sendiri

Kantong belanja menjadi salah satu kontributor terbesar dari sampah plastik. Kantong plastik belanja biasa digunakan satu kali kemudian dibuang begitu saja. agar tidak menimbulkan tumpukan sampah, bisa beralih menggunakan tas belanja sendiri.

2. Membawa Botol Minum Sendiri

Mengurangi penggunaan botol minum plastik atau sekali pakai adalah salah satu cara meminimalisir penggunaan plastik. Bawalah botol minum yang bisa digunakan berulang kali dan tahan lama disimpan.

3. Tidak Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik juga menjadi kontributor terbesar penyumbang sampah plastik. Jika ingin menggunakan sedotan bisa beralih ke stainless yang bisa dicuci dan dipakai kembali.

4. Membatasi Penggunaan Microbeads

Banyak produk kecantikan yang menggunakan microbeads di dalamnya. Microbeads ini memiliki partikel kecil yang terbuat dari plastik. Jika terbawa oleh air jumlahnya akan menjadi banyak.

5. Hindari Makan Permen Karet

Permen karet tidak bisa hancur meski sudah dikubur dalam tanah dalam waktu yang lama. Permen karet perlu diolah dengan baik agar bisa terurai dalam tanah.

Hasil buangan dari permen karet juga bisa secara tidak sengaja dimakan oleh hewan dan membuatnya tersedak hingga mati.

6. Membatasi Penggunaan Plastik dalam Membungkus Sesuatu

Saat ini untuk membungkus sesuatu banyak menggunakan plastik. Misalnya ketika mengirim paket. Kini bisa diganti dengan memanfaatkan kardus atau karton sebagai alternatifnya. Lapisilah paket dengan karton yang tebal agar tidak mudah kemasukan air.

Itulah cara meminimalisir sampah plastik yang bisa dilakukan manusia. Setiap tahunnya delapan juta ton sampah plastik beredari di lautan dunia. Hal ini sangat membahayakan lingkungan jika manusia terus-terusan menggunakan plastik tanpa menguranginya. (Umi)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *