• Oktober 24, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (13/1).  Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri
Menteri Luar Negeri China Wang Yi di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (13/1). Foto: Dok. Kementerian Luar Negeri

China berkeinginan melakukan upaya penuh untuk rekonsiliasi Palestina-Israel. Hal itu disampaikan Menlu China Wang Yi saat berkomunikasi dengan koleganya dari kedua negara itu.

Saat menghubungi Menlu Israel Eli Cohen, Wang menegaskan China sangat mendukung semua resolusi untuk mencapai perdamaian. Menurut Wang kini pilihan utama pada konflik Israel-Hamas hanya perang atau damai.

"Setiap negara punya hak mempertahankan diri, tapi mereka harus mematuhi hukum kemanusiaan internasional dan melindungi keselamatan warga sipil," kata Wang seperti dikutip dari Reuters.

Wang menegaskan, China mengutuk kekerasan dan serangan terhadap warga sipil. Ia pun berpendapat bahwa aksi Israel sudah lebih dari pembelaan diri.

Saat berbicara dengan Menlu Palestina, Riyad al-Maliki, Wang menyampaikan simpati terhadap warga Gaza.

Wang yakin yang diinginkan oleh warga Gaza adalah keamanan dan upaya menghentikan perang serta mempromosikan perdamaian.

"China menyerukan digelar konferensi perdamaian internasional yang lebih otoritatif, luas dan efektif secepatnya demi mendorong dimulainya kembali perundingan perdamaian antara Israel dan Palestina," ucap Wang.

"Dewan Keamanan PBB harus menanggung tanggung jawab lebih efektif, komunitas internasional harus bertindak segera dan negara di luar kawasan, khususnya kekuatan besar, harus objektif dan imparsial," tegas Wang.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *