• Oktober 28, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi contoh teks pidato Hari Sumpah pemuda. Sumber: unsplash.com/Aaron Burden
Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tanggal 28 Oktober. Sumpah Pemuda adalah rumusan hasil Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 September 1928 di Batavia (Jakarta).

Sumpah Pemuda menegaskan cita-cita persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Hari Sumpah Pemuda diperingati dengan berbagai acara, di antaranya adalah dengan pidato untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda.

Contoh Teks Pidato Hari Sumpah Pemuda

Ilustrasi contoh teks pidato Hari Sumpah Pemuda. Sumber: pexels.com/Min An
Berikut ini contoh teks pidato Hari Sumpah Pemuda menurut buku Belajar Pidato dan MC: Panduan Mudah dan Cepat Memukau Audience dengan Percaya Diri oleh Aep Syaiful Hamidin (2016: 205):

Bapak-bapak dan Ibu-Ibu, serta para pemuda dan pemudi yang saya hormati.

Salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT, atas nikmat dan rahmat yang telah diberikan kepada kita, kita bersama-sama bisa berkumpul di sini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Selanjutnya, Sholawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Dalam kesempatan ini, saya atas nama panitia mengucapkan, “Selamat Hari Sumpah Pemuda”. Sebagaimana yang kita ketahui, hari ini 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Seperti yang kita ketahui dalam sejarah, pada tanggal 28 Oktober 1928 para tokoh pemuda dari seluruh nusantara berkumpul mengadakan Kongres Pemuda II yang bertujuan untuk menyatakan sikap dan menentukan arah perjuangan dalam rangka mencapai cita-cita sebagai bangsa yang merdeka.

Pada Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928 itu, para tokoh pemuda menyatakan sumpahnya untuk berbangsa satu, berbahasa satu, dan bertanah air satu yaitu tanah air Indonesia. Pada saat itu pula, lagu kebangsaan Indonesia Raya diperdengarkan pertama kali oleh penciptanya, yaitu Wage Rudolf Supratman.

Peristiwa bersejarah tersebut memberi banyak pelajaran kepada kita, sebagai pemuda penerus cita-cita bangsa agar terus memupuk persatuan dan kesatuan Indonesia. Mari kita singkirkan segala perbedaan dan memperkuat kerukunan sebagai bangsa Indonesia.

Demikian pidato singkat ini saya sampaikan. Semoga momen Hari Sumpah Pemuda ini dapat memberi inspirasi bagi kita semua untuk menyatukan visi dan misi kita dalam membangun Indonesia menjadi masyarakat yang makmur dan sejahtera.

Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Itulah contoh teks pidato Hari Sumpah Pemuda yang singkat dan penuh inspirasi. Semoga dapat dijadikan sebagai referensi dalam membuat teks pidato Hari Sumpah Pemuda 2023. (IND)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *