• Januari 17, 2024
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA, Jakarta – Presiden Joko Widodo atau Jokowi pada hari ini, Rabu, 17 Januari 2023, akan melakukan peletakan batu pertama (terobosan) sebagai tanda dimulainya pembangunan tahap keempat di ibu kota negara (IKN) Nusantara.

Lalu bangunan apa saja yang masuk dalam daftar akan dmulai pembangunannya di IKN kali ini? Simak informasinya berikut ini.

Deputi Investasi dan Pendanaan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara Agung Wicaksono menyebutkan ada tiga kategori terobosan hari ini.

Pertama adalah yang diinisiasi oleh BUMN yakni PT Pos Indonesia (Persero) yang dalam aspek logistik dengan membangun Nusantara Logistic Hub. PT Pos Indonesia bekerja sama dengan Bina Karya sebagai Badan Usaha Milik Otorita (BUMO) IKN.

BUMN lain yang terlibat adalah Radio Republik Indonesia (RRI) yang sudah memiliki studio siaran radio di IKN yang berlokasi di kawasan Hunian Pekerja Konstruksi. “Kalau tidak ada lintas bapak Presiden RI pada hari Rabu berbicara kepada bangsa Indonesia, pertama kalinya jaringan radio di IKN,” kata Agung dalam konferensi pers virtual, Selasa, 16 Januari 2024.

Kategori kedua adalah investasi dari sektor swasta. Agung menjelaskan karena peran logistik sangat penting, maka ada dua perusahaan swasta yaitu SUN Hub yang melakukannya terobosan kawasan pergudangan.

Adalah investor swasta dari Kalimantan Timur yakni PT Wulandari Bangun Laksana yang akan membangun Nusantara Warehouse Park dan Nusantara Superblock di IKN. Agung menyatakan keterlibatan investor swasta di sektor itu karena untuk mendukung kemajuan perpindahan ASN ke IKN pada tahun ini. Swasta yang terlibat juga semakin bertambah pada groundbreaking kali ini dengan dimulainya pembangunan hotel bintang lima dari Jambuluwuk grup yang bekerja sama dengan BUMO IKN. .

Iklan

Berikutnya, kategori ketiga adalah investasi yang datang dari lembaga negara. Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), misalnya, yang melakukan terobosan kantornya di IKN pada hari ini. Pembangunan kantor LPS yang dananya bukan berasal dari APBN tersebut melengkapi Bank Indonesia yang sebelumnya sudah lebih dulu membangun gedung di IKN.

Selain itu, ada juga terobosan infrastruktur yang berasal dari APBN oleh lembaga negara yakni Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, Kementerian PUPR dan memorial park yang diberi nama Beranda Nusantara.

Beranda Nusantara merupakan semacam taman seperti yang di ibukota – ibu kota besar dunia yakni Washington DC, Amerika Serikat yang memiliki memorial park bernama National Mall yang terdapat Patung Abraham Lincoln.

Berikutnya, ada pilot project reboisasi yakni Pesantren Hijau yang dilakukan oleh Katadata Green, Jejakin, dan BenihBaik.

ANTARA | MOH KHORY ALFARIZI

Pilihan Editor: Usai Pamit, Foto Maruarar Sirait dan Pengusaha Aguan Cs Diungkit, Ada Apa?

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *