• Oktober 25, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Data. Foto: Pixabay

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan telah menjadi agenda global yang sangat relevan dalam upaya menciptakan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan. Spanyol, sebagai salah satu negara yang berkomitmen pada SDGs, terus berupaya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut.

Fokus pada SDG 6 (Air Bersih dan Sanitasi), SDG 7 (Energi Bersih dan Terjangkau), serta SDG 9 (Industri, Inovasi, dan Infrastruktur), ternyata Teknologi Sains Data berperan dalam membantu Spanyol mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan tersebut.

Pentingnya SDG 6, 7, dan 9 untuk Spanyol

SDG 6 menekankan pentingnya air bersih dan sanitasi untuk semua. Spanyol, dengan iklim yang beragam dan kebutuhan air yang tinggi, memahami pentingnya mengelola air secara efisien. SDG 7 berfokus pada energi bersih dan terjangkau, sesuatu yang relevan untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

Terakhir, SDG 9 menekankan pentingnya infrastruktur dan inovasi dalam pembangunan berkelanjutan. Hal ini berkaitan dengan pembangunan infrastruktur yang efisien dan berkelanjutan serta inovasi dalam teknologi yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

Peran Teknologi Sains Data dalam Mewujudkan Tujuan SDG 6, 7, dan 9 di Spanyol

Dalam era digital yang terus berkembang, Teknologi Sains Data muncul sebagai alat yang kuat dalam mencapai berbagai SDG, termasuk SDG 6, 7, dan 9. Berikut adalah bagaimana Teknologi Sains Data dapat berperan dalam mendukung pencapaian tujuan-tujuan ini:

1. SDG 6: Air Bersih dan Sanitasi

Dalam upaya untuk mencapai SDG 6, Spanyol telah menghadapi tantangan dalam mengelola air secara efisien. Teknologi Sains Data dapat membantu melalui analisis sensor berbasis data besar (big data) yang digunakan dalam pemantauan kualitas air. Bibri (2018) menawarkan kerangka analitis untuk aplikasi big data berbasis sensor dalam pembangunan berkelanjutan. Ini memungkinkan pemantauan air yang lebih akurat, deteksi dini polusi, dan manajemen sumber daya air yang lebih baik.

Studi Chen dan Liu (2010) menunjukkan pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (AI) dalam perencanaan sumber daya air sungai. Teknologi ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan penggunaan air, mengidentifikasi masalah di infrastruktur air, dan memprediksi kekeringan atau banjir. Dengan demikian, Teknologi Sains Data dapat berperan dalam mendukung upaya Spanyol untuk mencapai SDG 6 dengan cara yang lebih efisien.

2. SDG 7: Energi Bersih dan Terjangkau

Pencapaian SDG 7, yang menekankan energi bersih dan terjangkau, merupakan hal yang sangat relevan dalam konteks perubahan iklim global. Spanyol, dengan potensi energi terbarukan yang besar, telah menginvestasikan dalam energi surya dan angin. Namun, efisiensi dan keandalan distribusi energi tetap menjadi perhatian.

Penalba dan rekan-rekan (2022) mengusulkan pendekatan peramalan data metocean jangka panjang berbasis data besar untuk desain sistem energi terbarukan di laut. Teknologi Sains Data memungkinkan pemantauan dan analisis data dari berbagai sumber untuk memprediksi pola cuaca, ombak, dan arus laut. Ini sangat relevan dalam mendukung pengembangan energi terbarukan yang efisien dan terjangkau di Spanyol.

3. SDG 9: Industri, Inovasi, dan Infrastruktur

SDG 9 menekankan pentingnya infrastruktur yang berkelanjutan dan inovasi dalam pembangunan berkelanjutan. Di sini, peran Teknologi Sains Data menjadi lebih jelas. Dalam studi Vinuesa dan rekan-rekan (2020), peran kecerdasan buatan (AI) dan analisis data dalam mencapai SDGs secara keseluruhan dibahas. Teknologi ini dapat digunakan dalam pengembangan infrastruktur yang lebih efisien dan berkelanjutan, serta mempercepat inovasi dalam berbagai sektor.

Dalam konteks Spanyol, Teknologi Sains Data dapat digunakan untuk mengoptimalkan konstruksi infrastruktur, memantau dan memelihara jaringan transportasi yang lebih baik, serta mengintegrasikan inovasi dalam sektor-sektor kunci seperti energi, pertanian, dan industri.

Studi Kasus: Smart Sustainable Cities di Spanyol

Untuk mengilustrasikan bagaimana Teknologi Sains Data digunakan dalam praktiknya untuk mendukung SDG 6, 7, dan 9 di Spanyol, kita dapat melihat pada upaya pengembangan “Smart Sustainable Cities” di negara ini. Kota-kota seperti Barcelona dan Madrid telah berinvestasi dalam infrastruktur cerdas yang memanfaatkan data besar dan kecerdasan buatan untuk mencapai berbagai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dalam konteks SDG 6, sistem pemantauan kualitas air yang terhubung telah diterapkan untuk memastikan air bersih dan sanitasi yang baik bagi penduduk. Sistem ini menggunakan sensor yang mengumpulkan data berbasis air, kemudian data ini dianalisis oleh algoritma kecerdasan buatan untuk mendeteksi anomali atau polusi air.

SDG 7 diwujudkan melalui integrasi energi terbarukan dalam infrastruktur kota. Teknologi Sains Data digunakan untuk mengoptimalkan distribusi energi terbarukan dan mengintegrasikannya ke dalam jaringan listrik kota. Selain itu, data cuaca dan iklim dimanfaatkan untuk mengelola produksi energi surya dan angin dengan lebih efisien.

Dalam hal SDG 9, upaya pengembangan infrastruktur cerdas yang berkelanjutan termasuk transportasi umum yang efisien dan jaringan internet yang cepat. Data berbasis sensor digunakan untuk memantau lalu lintas dan merencanakan perbaikan jalan dan jaringan transportasi. Inovasi dalam sistem transportasi berbasis data seperti ride-sharing dan transportasi berbagi telah berkembang pesat.

Meskipun Teknologi Sains Data memiliki potensi besar untuk mendukung pencapaian SDG 6, 7, dan 9 di Spanyol, beberapa tantangan masih perlu diatasi. Privasi data, keamanan siber, dan etika penggunaan data adalah isu-isu yang harus diperhatikan. Selain itu, investasi dalam infrastruktur teknologi dan pelatihan sumber daya manusia dalam analisis data adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk memaksimalkan potensi Teknologi Sains Data.

Spanyol memiliki potensi besar untuk menjadi pemimpin dalam penerapan Teknologi Sains Data untuk mencapai SDGs. Dengan berfokus pada SDG 6, 7, dan 9, Spanyol dapat menggabungkan inovasi teknologi dengan komitmen pada pembangunan berkelanjutan.

Teknologi Sains Data telah menjadi alat yang penting dalam upaya Spanyol untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang termaktub dalam SDG 6, 7, dan 9.

Dengan mengatasi tantangan yang ada dan terus mengembangkan teknologi ini, Spanyol dapat berperan aktif dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *