• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ilustrasi Deskripsi Tahap-Tahap Interpretasi Citra Satelit. Foto: dok. Unsplash/Joey Csunyo
Soal “deskripsikan tahap-tahap interpretasi citra satelit!’ merupakan salah satu pembahasan yang dikaji dalam mata pelajaran Geografi. Dalam materi ini, siswa mempelajari tentang bagaimana tahapan dalam interpretasi citra satelit.

Salah satu tahap interpretasi citra satelit adalah deteksi. Selain tahap deteksi, masih ada beberapa tahapan lainnya yang juga dilakukan dalam interpretasi citra satelit.

Pembahasan Deskripsi Tahap-Tahap Interpretasi Citra Satelit

Ilustrasi Deskripsi Tahap-Tahap Interpretasi Citra Satelit. Foto: dok. Unsplash/Andrew Stutesman

Berbagai objek pada citra dapat dikenali dari interpretasi citra. Apa itu interpretasi citra? Pengertian interpretasi citra dibahas dalam buku berjudul Geografi: Menyingkap Fenomena Geosfer untuk Kelas XII Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Sosial, Ahmad Yani, Mamat Ruhimat (2008: 52).

Dikutip dari buku tersebut, disebutkan bahwa interpretasi citra merupakan suatu kegiatan untuk mengkaji dan menganalisis citra foto atau citra non foto dengan maksud untuk mengidentifikasi objek dan menilai arti penting suatu objek, sehingga diperoleh informasi dari suatu objek.

Dalam interpretasi citra terdapat beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Mengutip buku berjudul iPocket SOSHUM SMA: Geografi-Sosiologi, Tim Master Eduka (2015: 208), tahapan dalam interpretasi citra terdiri dari tiga tahap.

Deskripsikan tahap-tahap interpretasi citra satelit. Berikut ini sederet tahapan interpretasi citra satelit.

Tahapan ini merupakan pengenalan awal yang dilakukan dengan melihat foto udara atau citra secara keseluruhan dan membuat garis batas atau delineasi terhadap kenampakan berbagai objek yang sama.

Tahapan identifikasi atau interpretasi merupakan pembacaan ciri-ciri yang dimiliki setiap objek. Interpretasi citra penginderaan jauh untuk pemetaan dilakukan berdasarkan beberapa ciri-ciri, seperti ciri spektral, ciri spasial, dan ciri temporal.

Analisis adalah tahap akhir interpretasi. Tahapan ini dilakukan untuk menyimpulkan hasil interpretasi. Pada tahapan analisis, objek-objek yang tergambar pada citra dapat diketahui.

Interpretasi citra melalui foto udara dapat dilakukan dengan menggunakan stereoskop. Alat tersebut dapat memunculkan kenampakkan tiga dimensi objek yang tergambar pada foto udara.

Adanya kenampakan tiga dimensi dapat memudahkan interpreter dalam mengenali objek sekaligus membantu memperkirakan ketinggian objek.

Sekian pembahasan mengenai deskripsikan tahapan-tahap interpretasi citra satelit yang disajikan dalam artikel ini. Semoga bermanfaat untuk membantu siswa dalam mengenal interpretasi citra satelit. (DAP)

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *