• Oktober 27, 2023
  • ardwk
  • 0

WK MEDIA –

Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan pers penahanan Sekretaris MA Hasbi Hasan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/7/2023).
 Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan pers penahanan Sekretaris MA Hasbi Hasan di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (12/7/2023).
Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Dewan Pengawas (Dewas) KPK mengaku keberatan permintaan penundaan jadwal pemeriksaan terhadap Firli Bahuri hingga 8 November. Karena terlalu lama.

"Bagi saya khususnya tanggal 8 itu kejauhan. Kelamaan. Sebab, begini. Kita di Dewas itu, kan, banyak yang dikerjakan," kata Anggota Dewas, Syamsuddin Haris kepada wartawan di Gedung ACLC, Jumat (27/10).

"Kita Dewas ingin cepat-cepat selesai kasus-kasus ini," tambah Haris.

Sedianya, Firli Bahuri dijadwalkan diperiksa Dewas terkait foto bersama Syahrul Yasin Limpo (SYL) di sebuah GOR bulutangkis. Namun Ketua KPK tersebut meminta pemeriksaan diundur hingga 8 November 2023.

Haris mengaku tidak tahu alasan permohonan pengunduran jadwal pemeriksaan tersebut. Dia menyarankan untuk menanyakan langsung kepada Firli Bahuri.

Penundaan pemeriksaan ini membuat Dewas tak bisa berbuat banyak. Sebab, kata Haris, mereka tidak punya kewenangan pemanggilan paksa bila terperiksa selalu mangkir.

"Dewas enggak punya [kewenangan panggil paksa], enggak bisa memaksa. Kita, kan, bukan penyidik. Jadi enggak bisa panggil paksa. Jadi kita mengundang," imbuh Haris.

Firli Bahuri sendiri belum menjelaskan alasan permintaan penjadwalan ulang atas pemeriksaan dirinya. Juru Bicara KPK Ali Fikri hanya mengatakan, bahwa Ketua KPK itu sedang ada adegan lain.

Juru Bicara KPK Ali Fikri memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/7/2023). Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan
Juru Bicara KPK Ali Fikri memberikan keterangan pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (27/7/2023). Foto: Dicky Adam Sidiq/kumparan

"Yang kami ketahui masih ada beberapa agenda lain yang sedang dilakukan di kantor saat ini," kata Ali kepada wartawan tanpa menyebut detail agenda yang dimaksud.

"Sedangkan pimpinan lain berdasarkan jadwal pimpinan ada juga yang sedang dinas di luar kota, baik kemarin di Medan, Makassar, dan Labuan Bajo," imbuh Ali.

Pemeriksaan Firli Bahuri ini terkait laporan Komite Mahasiswa Peduli Hukum yang mengadukan dirinya terkait dugaan pelanggaran kode etik. Terkait dugaan bertemu pihak berperkara, yakni dengan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Firli dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 4 dalam Peraturan Dewas KPK Nomor 3 Tahun 2021. Pasal tersebut terkait larangan insan KPK berkomunikasi dengan pihak berperkara.

Soal pertemuan Firli Bahuri dan SYL ini juga tengah diusut Polda Metro Jaya. Diduga berkaitan dengan dugaan kasus pemerasan SYL.

Kasus dugaan pemerasan ini sudah naik ke tahap penyidikan. Dan penyidik Polda Metro Jaya sudah melakukan penggeledahan terhadap rumah Firli Bahuri di Bekasi dan di Kertanegara.

]

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *