WK MEDIA STORE

Faisal Basri Serukan Bujuk Menteri-menteri Jokowi Mundur – WK MEDIA


Jakarta, WK MEDIA

Institut Senior Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Ekonom (INDEF) Faisal Basri mengumumkan untuk mengakhiri sejumlah menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) mundur.

Hal itu tak terlepas dari kekecewaan terhadap kebijakan pemerintahan Jokowi yang dianggap merugikan masyarakat serta dugaan keberpihakannya pada pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Salah satu yang disampaikan Faisal adalah masalah utang. Menurut Faisal, di bawah Jokowi, utang Indonesia sudah menembus sekitar Rp8 kuadriliun atau Rp8.000 triliun. Pasalnya, pemerintah membangun banyak hal tanpa mau kerja keras meningkatkan pendapatan.

IKLAN

GULIR UNTUK MELANJUTKAN ISI

Ia memperkirakan apabila dilanjutkan Prabowo, utang RI bisa bengkak menjadi dua kali lipat alias Rp16 ribu triliun. Utang-utang tersebut akan ditanggung oleh generasi muda.

“Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani (menteri keuangan), Pak Basuki (menteri PUPR Basuki Hadimuljono), dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing,” klaim Faisal dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1).

Faisal mengaku mendengar kabar bahwa Sri Mulyani paling siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

“Katanya nunggu momentum, mudah-mudahan momentum ini segera insyaallah jadi pemicu yang dahsyat, seperti Pak Ginandjar (Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Ginandjar Kartasasmita) dan 13 menteri lainnya mundur di zaman Pak Harto (Presiden Soeharto),” sambungnya.

Staf Khusus Menkeu Yustinus Prastowo sendiri sudah menepis kabar pengunduran diri Sri Mulyani. Di dunia maya isu yang dikemukakan Sri Mulyani disebut karena sang Bendahara Negara kecewa dengan pemerintahan saat ini.

Klarifikasi: Tidak ada pernyataan Menkeu SMI kemunduran diri dari jabatan Menkeu, meskipun ada rumor yang beredar. Sampai saat ini Ibu Sri Mulyani tetap menjalankan tugas menjaga keuangan negara dg penuh tanggung jawab, tegas Prastowo di akun X @prastow, Jumat (5/1 ) lalu.

[Gambas:Video CNN]

(skt/sfr)


Source link

Exit mobile version