• Januari 16, 2024
  • ardwk
  • 0

TEMPO.CO, Jakarta – Kereta Api Pandulangan relasi Gambir-Surabaya-Jember anjlok di stasiun Tangulangin, Kabupaten Sidoarjo, pada Ahad pagi 14 Januari 2024. Akibat kecelakaan kereta tersebut sedikitnya 10 kereta mengalami pola operasi memutar..

VP Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI Joni Martinus mengungkap, jalur kereta api di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum bisa dilalui. “Jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum dapat dilalui akibat anjlokan tersebut. KAI saat ini sedang melakukan upaya evakuasi rangkaian KA Pandalungan tersebut,” kata Joni dalam keterangannya pada Ahad, 14 Januari 2024.

Setelah bantuan dilakukan, maka akan ada perbaikan pada jalur kereta yang rusak. Kemudian akan terganggunya jalur kereta dari Surabaya menuju Malang dan Surabaya menuju Jember.

Joni Martinus memastikan tidak ada korban jiwa maupun korban luka dalam kecelakaan ini KA Pandalungan yang terjadi pada pagi ini, Ahad, 14 Januari 2024. “Tidak ada korban luka, dan tidak ada korban,” ujar jiwa Joni.

Akibat kecelakaan ini, ada 10 kereta yang mengalami pola operasi memutar melalui lintas Bangil-Kertosono. Dan untuk penumpang kereta, telah disediakan layanan bus dari Stasiun Bangil hingga sampai tujuan.

Iklan

Dilaporkan melalui Antaranews, kereta ini baru diresmikan pada bulan Juni lalu. Dengan muatan perdananya mengangkut 230 penumpang. Melalui hal itu, kereta ini menjadi kereta api dengan rute paling jauh. Jarak yang ditempuhnya mencapai 919 kilometer.

Sementara itu, dikutip melalui rri.go.id, asal nama kereta ini diambil dan diapresiasi dari masyarakat Pandulangan yang umumnya berdomisili di wilayah tapal kuda Jawa Timur. Dengan harapan awalnya, jika masyarakat daerah itu perjalanan dapat menggunakan jasa kereta ini.

Kereta ini membawa 8 kereta eksekutif dengan kapasitas 400 tempat duduk. Yang pada peluncurannya beroperasi setiap hari, kemudian berubah menjadi hari Kamis sampai Senin pada minggu ketiganya.

FEBYANA SIAGIAN | JOHANES MAHARSO JOHARSOYO
Pilihan editor: 2-kecelakaan-kereta-terjadi-di-awal-tahun-begini-evaluasi-kemenhub

Source link

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *